30

Trik Sederhana Menyingkirkan Bau Cat

Sudah pasti setelah proses pengecatan usai, bau cat menyebar kemana-mana. Tak tampak tetapi sangat mengganggu. Enyahkan dengan trik sederhana dan tidak membutuhkan banyak biaya.

Selain menyengat, bau cat juga bisa menyebabkan keracunan. Merasa pusing, mual, dan sakit kepala. Juga iritasi pada tenggorokan, paru-paru, serta mata. Dampak pelepasan zat pelarut sebagai campuran cat yang menimbulkan bau dan unsur toksin ke dalam udara.

Sebaiknya jangan berada di dalam ruangan saat bau cat masih sangat terasa. Tunggu sampai benar-benar menghilang dan Anda bebas menghirup udara segar.

Buka semua ventilasi

Buka semua ventilasi ruangan. Baik saat sedang berlangsung proses pengecatan maupun setelah selesai. Dari pintu, jendela, hingga sekat-sekat pembatas aliran udara di bagian atas. Biarkan saja semuanya terbuka lebar dan membiarkan bau pergi dengan segera.

Penggunaan kipas dan AC

Matikan AC untuk sementara waktu. Nyalakan kembali ketika bau telah lenyap sepenuhnya. Jika terus menyala, bau akan terus berputar-putar di dalam ruangan.

Berbeda dengan penggunaan AC. Hidupkan saja kipas pasca mengecat. Dengan catatan, ventilasi tetap terbuka lebar. Kipas akan membantu mengalirkan bau keluar sekaligus mempercepat proses pengeringan cat yang baru dipoles.

Seember air

Anda dapat meminta pertolongan seember air. Letakkan saja di tengah ruangan. Air dapat menyerap bau cat yang diuapkan ke dalam udara. Agar hasilnya bertambah optimal, tambahkan garam atau beberapa tetes pewangi. Seperti pewangi pakaian atau cairan pel.

Bubuk kopi

Ambil piring atau mangkok kosong. Isi dengan beberapa sendok bubuk kopi. Posisikan di titik pusat atau berdekatan dengan tembok yang baru dicat. Sama halnya dengan air, kopi mempunyai zat-zat tertentu untuk menetralkan bau. Diserap oleh butiran-butiran hitam kopi dan menggantinya dengan bau yang lebih segar sepenuhnya untuk Anda.

Lemon dan nanas

Potong beberapa bagian lemon dan nanas. Bila tak bisa menyediakan keduanya, Anda bisa menggunakan salah satu saja. Caranya, setelah dipotong bisa langsung ditempatkan di atas wadah. Letakkan di sudut-sudut atau beberapa bagian ruangan. Lemon dan nanas juga dapat ditambahkan ke dalam seember air guna menyeimbangkan bau yang ditimbulkan cat.

Baking soda

Taburkan bubuk baking soda di atas piring atau gelas secukupnya saja. Bubuk satu ini juga efektif mengusir aroma tak enak dari cat. Dalam hitungan jam, kadar bau cat bisa berkurang banyak. Karena itu, jangan ragu untuk menyebar banyak-banyak bubuk soda di ruangan.

Arang

Bukan dibakar, cukup letakkan seperti biasa. Supaya warnanya tidak mengkotori lantai, Anda dapat menempatkan arang di atas koran bekas atau wadah tertentu. Arang juga mempunyai kandungan penetral bau. Sehingga sangat cocok mengatasi bau cat tanpa harus menimbulkan bau yang baru.

Bawang bombay

Belah bawang bombay menjadi dua. Masing-masing potongan dapat menempati posisi sudut ruangan yang saling bersilangan. Upayakan bagian yang telah dibelah bisa menghadap ke atas. Bau cat yang kuat pelan-pelan akan menghilang. Uniknya tidak ada bau bawang yang tertinggal. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments