02

Tanaman Pengusir Nyamuk Menggunakan Media Pot

Walau efektif, penggunaan bahan kimia untuk mengusir nyamuk masih meninggalkan problema. Berbeda dengan tanaman yang alami, sehat, dan tidak menyisakan efek samping. Apalagi ada tanaman pengusir nyamuk yang cocok untuk media pot.

Jadi Anda mudah meletakkan di dalam rumah. Ambil posisi yang dirasa pas dan tidak mengganggu ruang gerak anggota keluarga. Jenisnya pun banyak berada di sekitar kita. Dapat mengambil bagiannya sedikit saja dari kebun, lalu memindahkan ke pot. Atau membeli benih, dengan harga yang sangat terjangkau.

Meski tidak sampai mematikan, minimal tanaman dapat mengusir nyamuk. Hanya memberi opsi untuk segera pergi. Tidak betah berada di dalam ruangan lebih lama lagi. Sebabnya bau yang dihasilkan tanaman sama sekali tak disukai oleh nyamuk.

Aromanya pun digemari dan bermanfaat untuk sekeluarga. Dari baunya yang khas dan wangi, memberi aroma tersendiri bagi ruangan. Membantu memperbaiki mood yang sedang suntuk agar lebih santai dan tenang. Merebut kembali hak kepemilikan rumah sebagai tempat tinggal yang sehat dan nyaman.

Serai wangi

Serai wangi sering disebut dengan sereh. Zat sitronela dan geraniol yang dikandungnya dianggap sebagai musuh besar bagi nyamuk. Minyak oles atau salep gosok banyak terbuat darinya. Anda dapat menanam dalam pot kecil dan letakkan seperti biasa. Dapat pula mengambil beberapa batang dan masukkan ke dalam botol. Tambahkan air secukupnya dan biarkan. Kedua cara tersebut sama-sama akan menumbuhkan akar dan memastikan ruangan dipenuhi bau serai. Nyamuk pun enggan mendekat ke kulit Anda.

Daun pandan

Aroma unik dari daun pandan bisa Anda manfaatkan. Untuk memperkuat aromanya, ambil beberapa lembar daun dan potong-potong sesuai selera. Sebar dalam wadah terbuka dan biarkan baunya bereaksi dengan sendirinya. Cara lainnya adalah menanam seperti biasa. Keuntungan lainnya bisa menjadi tanaman hias yang mempercantik ruangan. Seperti ruang tamu.

Kemangi

Tanam beberapa batang kemangi di dalam rumah. Baunya kuat menusuk bagi hidung nyamuk. Jika sekiranya nyamuk sedang banyak-banyaknya, gosok-gosokkan daunnya ke bagian tangan atau kaki. Sebagai deodoran alami, kemangi juga membantu membersihkan udara.

Daun sirih

Zaman dulu sebelum pergi ke sawah atau hutan, sirih menjadi andalan. Dibalurkan ke bagian tangan, kaki, serta leher. Kini Anda juga bisa meniru dengan mengembangbiakkan dalam pot. Tinggal menambahkan tongkat atau tiang sebagai jalur tumbuhnya.

Selasih

Tanaman selasih memang telah terkenal mengusir serangga, termasuk nyamuk. Berkat kandungan eugenol, linalool, dan geraniol yang dimilikinya. Aromanya sangat tajam dan cukup menyengat. Tetapi hati-hati terkait masa penggunaannya. Dalam jangka waktu yang lama, menghirup bau selasih bisa berbahaya. Memicu mual, pening dan memabukkan. Sediakan ventilasi yang cukup agar udara dan aroma bisa mengalir lancar.

Lavender

Bunga lavender mudah ditanam di pot dan sederhana perawatannya. Warna ungu yang cantik mengandung zat linalool dan linalyl cetacea yang dibenci nyamuk. Alternatif aromaterapi yang menenangkan dan memberikan hasil yang maksimal. Rumah jadi lebih menarik, nyamuk pun pergi. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments