17

Sinyal Anda Harus Segera Mencari Kantor Baru

Tidak perlu menunda jika sekiranya kita harus mencari pekerjaan yang baru. Sebab belum tentu bertahan di kantor yang sekarang akan membuat keadaan lebih baik. Terutama pada diri Anda sendiri. Kenali beberapa tanda bahwa sebaiknya Anda segera undur diri.

Sayangnya, terkadang kita tidak segera menyadari tanda-tanda tersebut. Mungkin kantor saat ini selalu menguntungkan kita. Suasana kerja yang nyaman, rekan-rekan yang solid, atasan yang selalu mendukung, fasilitas yang memadai, dan lainnya. Sehingga kita terlena, dan kurang ada kemauan untuk mengembangkan potensi.

Adakalanya, walau telah lama tersadar kerugian yang harus ditanggung, namun tidak serta merta membuat kita bebas meninggalkan pekerjaan. Seperti kompetisi menemukan lapangan pekerjaan yang begitu ketat membuat kita harus berpikir ulang. Dan masih banyak lagi deretan alasan negatif yang membuat kita mesti bertahan.

Kini, saat Anda punya kesempatan bebas menentukan pilihan, jangan lewatkan. Sebab belum tentu momen yang tepat datang dua kali.

Jauh dari passion

Segera kemasi barang-barang, dan bersiaplah menemukan dunia Anda. Mungkin banyak yang mengatakan, passion hanya sekadar hobi. Namun banyak pula bukti dari hobi menghasilkan pundi-pundi. Menarik kan? Apalagi bila pekerjaan sekarang sama sekali tidak Anda nikmati.

Upah kecil

Saat Anda merasa upah yang diberikan tidak sebanding dengan jerih payah, saat itulah waktu yang tepat angkat kaki. Apalagi Anda sudah melakukan negosiasi untuk mendapat upah yang lebih baik, namun tiada hasil sama sekali. Anda berhak untuk menghargai diri sendiri dengan gaji yang tinggi. Caranya dengan memperoleh pekerjaan dengan upah yang memadai.

Minim penghargaan

Rasa tak nyaman datang karena relasi yang tak sehat. Atasan tidak pernah mencurahkan rasa terima kasih ketika Anda bisa berprestasi lebih. Sesama rekan pun hanya menganggap angin lalu. Keputusan berpindah kantor adalah yang terbaik. Baik untuk masa depan, baik pula untuk kesehatan jiwa dan raga.

Jenjang karier sulit diprediksi

Mengapa harus bertahan ketika Anda sulit mendaki posisi lebih tinggi? Bahkan dalam sekian lama telah bekerja. Jenjang karier tertulis jelas namun masih remang-remang bagaimana menuju ke sana. Sudah pasti posisi yang sama harus diemban sekian lama dengan berbagai konsekuensi. Sedang usia semakin bertambah. Tidak memberikan kesempatan warna-warni pada periode produktif Anda.

Kurang tantangan

Kurang tantangan adalah jawaban tepat bagi Anda yang tidak betah berada di dalam kondisi stagnan. Sekalipun kondisi kantor amat nyaman dan sangat menjanjikan. Pikiran jadi mati dan kreasi serasa berhenti. Lebih baik mengundurkan diri dan mencoba sesuatu yang baru. Sesuatu yang kadang belum pasti, namun merangsang inovasi dan memerdekakan diri.

Kehilangan waktu

Alasan lainnya, saat kita dihadapkan pada pilihan kerja atau keluarga. Pekerjaan telah menyita waktu, menjauhkan diri dari keluarga, dan tidak ada kata libur bagi diri sendiri. Solusinya, bisa mencari pekerjaan yang lebih dekat atau membuka usaha dari rumah. Pemasukan tetap mengalir lancar, kekerabatan tetap terjalin mesra. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments