11

Sarana Pengembang Imajinasi Anak

Sarana untuk membantu mengembangkan imajinasi anak bisa datang dari mana saja. Kadang orang tua sering tak sadar bahwa sarana berada di sekitarnya. Dampingi dan berikan pengarahan, agar imajinasinya tumbuh optimal.

Orang tua bisa bertindak sebagai pengantar. Menemani dan membimbing supaya anak bisa mengambil inspirasi dari banyak hal. Modal besar yang kelak tentu berguna dalam proses pertumbuhannya menuju usia yang lebih matang.

Tak perlu biaya mahal. Manfaatkan berbagai sarana berikut ini untuk merangsang imajinasi dan menumbuhkan potensi anak.

Media cetak

Upayakan di rumah terdapat bahan bacaan sebagai bagian yang tak terpisahkan. Mulai cerita bergambar, majalah, koran, jurnal, poster, dan bentuk cetak lainnya. Ajak anak mengenalnya sejak dia masih dini. Ciptakan kehausan untuk selalu mengisi informasi bagi dirinya sendiri. Maka pikirannya akan lebih menangkap multi-fenomena dan mengartikannya dalam banyak makna.

Internet dan segala isinya

Internet sarat dengan berbagai muatan namun ringkas dibawa kemana saja. Begitu bermanfaat dalam setiap lini. Anak-anak hingga dewasa membutuhkannya. Menjadi media belajar yang sangat efektif dari segala konten yang ada. Tetapi supaya tidak menimbulkan kecanduan dan kerugian yang lebih dalam, arahkan anak menggunakannya dengan bijak.

Pemandangan alam

Dari hamparan gunung sampai deburan ombak, semuanya adalah sarana belajar. Mengajak anak sering-sering berwisata alam tentu makin menguntungkan. Inspirasi datang dan berkembang dengan mudahnya. Sebagai efek datang, melihat, dan merasakan langsung dari alam. Baik pula untuk kesehatan jiwa dan raganya.

Komunitas

Anak pun bisa mencuri ide dari komunitas-komunitas yang ada. Terutama yang sedang dia geluti maupun yang berada di sekitar tempat tinggalnya. Bahkan dari komunitas yang diikuti oleh orang tuanya. Oleh karena itu, bukalah pintu lebar-lebar agar anak dapat berkecimpung di berbagai kegiatan. Belajar aneka ilmu sekaligus bersosialisasi dalam lingkungan yang lebih luas.

Tempat hiburan

Tempat hiburan juga mempunyai andil besar dalam memancing imajinasi anak untuk berkembang. Pusat kuliner tradisional, restoran bergaya modern, wisata buatan, hiburan khusus anak-anak, dan sebagainya. Mengamati dekorasi, suasana, pengalaman sebagai bahan inspirasi. Mungkin setelah kunjungan ke tempat hiburan, anak semakin kreatif dan inovatif. Tidak menutup kemungkinan menghasilkan solusi-solusi yang berguna bagi permasalahan yang ada di masyarakat.

Museum dan perpustakaan

Museum dan perpustakaan menjadi pusat data yang menganggumkan. Walau kurang diminati karena kurang populer dan agak menjemukan, namun mendekatkan anak pada dua sarana tersebut akan sangat menguntungkan. Memelihara budaya literasi dan menambah wawasan semakin kaya. Tinggal menyiasati supaya anak tidak merasa jemu, dan sebaliknya, selalu tertarik memanfaatkannya sebagai kawan belajar yang setia menemani kapan saja.

Kantor perusahaan

Anak juga dapat belajar dari kantor orang tuanya bekerja atau perusahaan tertentu. Membaca suasana bekerja dunia orang dewasa sebagai pengalaman yang luar biasa. Membantu menggambarkan berbagai jenis bidang pekerjaan yang bisa dilakukan. Tak sabar menanti masa magang di kemudian hari, dengan posisi sesuai impiannya selama ini. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

 

Comments

comments