13

Posisi Warna Cerah di Dalam Rumah

Jangan takut menghadirkan warna cerah di dalam rumah. Asal posisinya pas, warna cerah akan mampu menonjolkan interior ruangan.

Warna cerah dipercaya mendatangkan keceriaan dan rasa semangat. Pembawa pengaruh pada mood agar selalu baik dan stabil. Bagi keluarga yang masih mempunyai anak-anak, warna cerah dan berwarna-warni juga sangat disarankan. Sebab warna cerah membantu perkembangan visual dengan efektif.

Efek lainnya, memberi kesan luas pada ruangan. Juga menyertakan terang dalam segala suasana. Sebaliknya, menjauhkan rumah dari image yang gelap nan suram. Sekalipun sinar matahari yang masuk hanya sedikit, cahaya ruangan akan tetap optimal berkat adanya warna cerah di dalamnya.

Tak hanya satu, Anda dapat menghadirkan dua atau lebih warna cerah secara bersamaan. Tambahkan desain perabot yang tidak monoton serta kontras dengan yang lain. Sehingga warna cerah jauh dari penilaian yang norak atau tiada estetika.

Cat dinding

Supaya tidak terlalu mendominasi, pilih satu bagian di dinding untuk diberi warna cerah. Misalnya pada sandaran papan tidur (headboard) di kamar tidur. Atau aksen cerah dinding keramik pada ruangan dapur. Warna-warna mulai dari pastel, krem, orange muda, dan hijau daun akan menambah kehangatan ruangan.

Langit-langit

Usahakan rumah memiliki langit-langit yang berwarna cerah. Contohnya putih atau biru laut. Jangkauan visual juga jadi lebih luas. Memberikan kesan hangat yang begitu kuat dibanding Anda memilih warna yang gelap untuk langit-langit atau plafon.

Lantai

Bila dinding sudah terlanjur berwarna gelap, sebaiknya Anda memasang keramik atau ubin dengan warna yang cerah. Kombinasi ini akan sangat pas dan mengurangi unsur dominan dari warna-warna yang gelap dan kuat. Tidak harus putih, warna krem dan abu-abu muda bisa menjadi pilihan.

Lemari dan furnitur

Jika ingin menguatkan warna cerah, Anda dapat mengupayakan dari lemari dan furnitur lainnya di rumah. Seperti sofa, meja makan, kursi santai berwarna warni, sampai bingkai jendela. Begitu pula dengan tirai atau gorden yang akan terasa pas mendampingi dinding bercat gelap.

Karpet

Dapat pula didatangkan dari karpet. Tempatkan karpet yang berwarna cerah untuk melapisi lantai tempat anak bermain yang akan menambah keceriaan, kamar tidur utama, sampai penambah keakraban di ruang tamu. Karpet yang cerah juga dapat menutupi warna di lantai. Sehingga suasana terang dapat dipertahankan untuk waktu yang lama.

Bahan kain

Mungkin warna gelap pada dinding dan lantai sulit untuk diganti. Tapi Anda bisa mengakali dengan bahan kain yang ada di rumah. Sebut saja sprei, sarung bantal, selimut, taplak meja, gorden, lap menggantung di dinding wastafel, dan sebagainya. Warna yang cerah satu dan lainnya bisa sama atau bertabrakan.

Pajangan seni

Satu lagi yakni pajangan seni. Namun Anda harus menempatkannya dengan benar. Hindari memasang pajangan seni berwarna cerah terlalu rendah di dinding. Hanya akan membuat ruangan terasa sempit dan kaku. Tetapi bila digantung pada posisi lebih tinggi, hasilnya akan membuat ruangan lebih elegan dan lebar. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments