20

Pertimbangkan Ini Saat Mendesain Kamar Mandi

Walau minimalis sekalipun, desain kamar mandi harus menunjang penampilan rumah secara keseluruhan. Di samping tetap mengutamakan kebutuhan Anda sekeluarga. Ketahui beberapa pertimbangan yang harus dilakukan sebelum mulai membuat kamar mandi yang diinginkan.

Umumnya, dengan atau tanpa jasa konsultasi dari desainer interior, Anda akan disarankan untuk mencermati bagian fungsi, unsur aestetis, perairan, dan tata letak. Mengingat keberadaannya yang terus dibutuhkan sepanjang masa. Kini dan nanti. Jika kelak wujudnya tidak seperti rencana awal, tentu akan ada yang terasa kurang.

Padukan pula dengan kondisi dana yang telah dipersiapkan. Pilih bahan yang sekiranya dapat tahan lama dan sesuai style Anda. Dengan demikian, Anda bisa menghapus atau justru menambahkan rencana-rencana baru setelah ada perhitungan ulang. Kamar mandi yang diidamkan siap untuk dimulai.

Panjang dan lebarnya

Luas kamar mandi sangat tergantung dari besarnya lahan yang bisa Anda sediakan. Tak mengapa bila panjang kali lebarnya memang sengaja dibuat besar. Namun konsekuensinya akan memakan jatah luas ruangan lainnya. Sedang kamar mandi yang lebih kecil akan menghemat tempat.

Jangan lupa untuk memikirkan desain arah buka tutup pintu. Bebas bagi kamar mandi yang luas. Tetapi arah buka pintu ke area luar lebih cocok untuk desain kamar mandi yang sempit.

Fungsi

Perinci kembali kegiatan apa saja yang akan dilakukan di kamar mandi. Murni untuk membilas diri dan buang hajat. Atau Anda ingin kegiatan cuci mencuci sekaligus di dalamnya. Letak mesin cuci, instalasi listrik, dan kran tambahan tentu perlu dipikirkan ulang.

Penambahan bath up, wastafel, dan beberapa interior nampaknya juga tak boleh ketinggalan. Terutama bagi Anda yang mendambakan kamar mandi sebagai tempat relaksasi.

Outdoor atau indoor

Outdoor atau indoor tergantung pada selera. Biasanya sifat indoor karena tidak ada lagi lahan tersisa di luar untuk membuat kamar mandi. Sebaliknya, outdoor sering dipilih untuk merasakan sensasi kamar mandi natural. Mendapatkan pencahayaan dan udara yang lebih alami.

Umur pengguna

Utamakan juga umur pengguna. Misalnya anak-anak dan manula yang membutuhkan kondisi kamar mandi spesial. Khususnya terkait kondisi lantai, kemudahan menggunakan perabot kamar mandi, dan sebagainya. Segala sesuatunya mudah dijangkau dan terjamin aman selama masa penggunaan. Jadi Anda akan tetap tenang walau tanpa pengawasan.

Dinding dan lantai

Bahan terbaik pada dinding dan lantai harus tahan air. Tepatnya keramik yang memiliki alur sebagai antisipasi mencegah licin atau terpeleset. Hindari keramik dari bahan kayu karena mudah berjamur. Dan, hindari pula penggunaan cat pada dinding. Sebagai gantinya, pasang keramik untuk area dinding yang mudah basah.

Area basah dan kering

Buat batasan area basah dan kering yang jelas. Selain menggaransi tingkat keamanan, urusan perawatan dan bersih-bersih jadi mudah. Misalnya saja, area basah berlaku untuk bilas membilas, sedang area kering tersedia untuk toilet, menghias diri, cuci tangan, dan sikat gigi. Area kering juga sebaiknya menyambut awal langkah pengguna memasuki kamar mandi. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments