23

Persiapkan Ini Jelang Melahirkan, Agar Tenang dan Nyaman

Susun rencana dengan matang mendekati masa melahirkan. Tak terbayang bila kontraksi mulai datang, namun Anda belum ada persiapan sama sekali. Panik dan repot. Bila sudah disiapkan jauh-jauh hari, ibu dan keluarga bisa fokus memikirkan kelancaran proses melahirkan dan kesehatan bayi.

Segala macam barang dan tindakan yang sudah disiapkan akan membantu ibu lebih tenang dan lebih siap. Sebaliknya, bayi pun diuntungkan. Alat atau barang yang dibutuhkan untuk menunjang masa-masa awal kehidupannya telah tersedia. Bayi tak perlu menunggu, namun langsung mendapat apa yang ia perlukan. Lega dan nyaman bagi anak dan kedua orang tua maupun keluarga besar.

Bila memang tak sanggup menyiapkan sendiri, tak salah meminta bantuan orang lain. Sehingga sewaktu-waktu hari H itu datang, segala sesuatunya sudah dalam genggaman.

Perabot dan kebutuhan di rumah

Setidaknya lengkapi benda-benda yang dibutuhkan bayi terkait urusan tidur, mandi, dan baju ganti. Entah kamar bayi tersendiri atau satu ranjang dengan Anda. Siapkan bak mandi yang nyaman untuk bayi, berikut sabun dan sampo yang aman bersentuhan dengan kulitnya. Siapkan pula beberapa lembar baju ganti dan popok. Baru kemudian disusul dengan pernak-pernak lain.

Keperluan sang ibu juga perlu turut dipikirkan. Gunanya untuk membuat ibu baru melahirkan lebih nyaman dan cepat pulih kondisinya. Seperti beberapa potong baju dan bra untuk menyusui, kursi khusus untuk memberi asi, bantalan penyerap air susu, dan lainnya. Jatuhkan pilihan pada barang-barang yang sesuai dengan selera dan karakter keluarga Anda.

Lokasi persalinan dan pendaftaran

Pastikan Anda ingin melahirkan di mana. Sebuah kamar bersalin dengan fasilitas lengkap di rumah sakit elit, cukup di klinik bidan, atau justru ingin di rumah dengan metode yang sedang trend. Daftarkan jadwal proses melahirkan untuk mendapatkan kamar yang pas. Jangan sampai kehabisan kamar atau mendapat kamar tapi di luar ekspektasi. Sebaliknya, bila ingin melahirkan di rumah, atur segala keperluan dengan mandiri dan lebih siaga.

Tas siap angkut

Anda harus mempunyai tas yang siap diangkut kapan saja. Muatan tas tak lain adalah untuk keperluan ibu dan bayi yang baru lahir. Isinya antara lain baju bayi, baju hangat, diapers berukuran new baby born, kain gendong, tisu basah dan kering, kaus kaki dan sarung tangan bayi, dan lain-lain. Ibu pun perlu menambahkan baju ganti yang nyaman dikenakan pasca melahirkan, pembalut, alat mandi dan kosmetik, misalnya.

Teman dan asisten

Teman atau asisten sangat dibutuhkan selama dan pasca melahirkan. Mintalah pendampingan dari suami, saudara, orang tua, keluarga besar, atau teman yang bisa dipercaya dan diandalkan. Terutama yang sigap dan cekatan memberikan bantuan disaat mendesak sekalipun. Tapi ingat, batasi jumlahnya agar ibu bisa lebih tenang dari keramaian.

Selepas kembali ke rumah, alihkan pekerjaan domestik pada asisten rumah tangga atau orang lain. Berikan kesempatan pada ibu hamil untuk memulihkan kondisi, di samping fokus pada pertumbuhan bayi dan kelancaran asi. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments