10

Perawatan Kuku Murah di Rumah

Tak harus bergantung pada jasa pelayanan salon. Merawat kuku bisa dilakukan sendiri di rumah. Dengan bahan yang mudah ditemukan dan harga yang lebih murah.

Penting pula untuk diketahui, semakin sering perawatan dilakukan maka semakin bagus hasilnya bagi kuku. Indah dipandang dan menandakan kebersihan. Pemilik kuku yang cantik nan sehat juga lebih percaya diri. Pencegahan penyakit pun bisa dilakukan dengan menjaga kesehatan kuku. Karena banyak sekali bibit kuman penyakit masuk ke dalam tubuh bila kuku kotor.

Hal yang berbeda akan Anda alami bila terlalu mengandalkan perawatan di salon. Secara instan, kuku dapat disulap jadi amat menarik. Namun tidak mampu menghilangkan jamur yang telah bersemayam atau memenuhi kalsium yang dibutuhkan kuku. Terlebih penggunaan cat warna dan zat aseton, sebagai penghapus cat kuku, yang terlalu sering membuat kuku rentan patah serta retak secara permanen. Kuku hanya cantik di luar, tetapi tidak sehat secara keseluruhan.

Rutin memotong kuku

Ingatkan diri sendiri untuk meluangkan waktu memotong kuku. Paling tidak dalam seminggu, tulang lunak yang mulai memanjang perlu sedikit dipangkas. Hindari bentuk yang tajam agar tidak melukai diri sendiri. Serta sebaiknya gunakan gunting kuku pribadi, tidak bergantian dengan orang lain. Menggunting kuku juga menjadi jalan mengurangi kuman yang berkeinginan berkembang biak di dalam tubuh.

Hati-hati dengan bagian kutikula

Hati-hati pada bagian kulit yang menempel langsung di kuku. Kutikula sering mudah terkelupas atau lecet-lecet. Sedikit tindakan yang salah akan menyeret dampak yang tak menyenangkan. Jangan sampai terluka, kasar, atau terasa perih. Bila ingin membersihkan, gunakan alat khusus agar kulit yang sudah terlanjur mati bisa disingkirkan dengan aman.

Merawat dengan yang alami

Merawat kuku dengan yang alami menjanjikan hasil yang pasti. Coba tengok kembali dapur Anda, karena bahan-bahan berikut ini mungkin berada di sana. Diantaranya ada minyak zaitun, jeruk, lemon, bawang putih, tea tree oil, minyak kelapa, madu campur telur, baking powder, garam, kulit semangka, dan belimbing wuluh.

Pilih saja mana yang tersedia. Teknik aplikasinya tinggal oles langsung di kuku. Diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air dan sabun seperti biasa. Mereka akan berperan sebagai pelembap alami dan membuat warna kuku lebih jernih atau mengilap. Tak masalah bila Anda mau mengaplikasikan pada kuku tangan dan kaki.

Losion tambahan

Losion khusus untuk kuku akan sangat membantu. Mempercepat kelembapan dan menjauhkan dari sifat kering. Di mana memicu kuku jadi rapuh dan mudah patah. Bila sulit menemukan losion khusus kuku, sementara waktu Anda bisa memakai hand cream lotion.

Asupan dari dalam

Sempurnakan rangkaian perawatan dengan asupan dari dalam. Vitamin yang mengandung biotin lebih disarankan. Salah satu jenis vitamin B kompleks yang mampu merangsang ketebalan kuku dan menggaransinya lebih sehat. Umumnya biotin terdapat pada bayam, telur, ubi, gandum, susu, salmon, dan ayam. Bagaimana, mudah kan merawat kuku dari rumah? (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments