31

Pengingat Sederhana untuk Selalu Bersyukur

Kurang bersyukur biasanya datang karena faktor dari diri sendiri. Merasa kurang terus menerus dan tak pernah puas. Hidup pun selalu terasa susah. Kembalikan rasa syukur menjadi bagian dari hidup ini.

Bukan berarti kita tidak boleh merunut penyebab masalah yang menghampiri. Namun saat membiasakan diri berlindung di balik semua masalah, justru sangat merugikan. Selalu menyalahkan faktor atau pihak luar. Pemecahan masalah sulit ditemukan. Terlebih mengukung diri berada dalam kekurangan terus menerus. Tidak memotivasi pribadi yang lebih maju dan berguna bagi sekitarnya.

Kesadaran untuk bersyukur bukan sekadar diucapkan lisan semata, terpanjat pada doa-doa. Namun meresapinya ke dalam relung hati yang paling dalam. Bahagia menjalani setiap langkah dalam keseharian. Menikmati apa yang telah diberi. Terlihat tenang bila ada gelombang masalah silih datang berganti. Dan, tetap optimis menghadapi perubahan yang tak terduga sama sekali.

Stop berkeluh kesah

Minimalisir keluh kesah di setiap kesempatan. Ubah sudut pandang dengan melihat masalah yang datang bukan sebagai hambatan, tapi tantangan untuk mengasah kemajuan pribadi. Kurangi umpatan atau cacian. Ganti dengan kata-kata yang positif beserta gestur tubuh yang optimis.

Lihat ke bawah

Jangan selalu melihat mereka yang berada di atas, sesekali tundukkan pandangan pada mereka yang ada di bawah. Bagaimana mereka menerima takdirnya dengan rezeki yang terbatas. Tetap tegar menghadapi segala problema. Kondisi yang belum tentu kita bisa menjalaninya. Sedang mereka mampu tersenyum dan ikhlas.

Ingat saat susah dulu

Ajak ingatan pada masa Anda pernah mengalami saat-saat sulit. Saat bertahan dan bangkit dari keterpukuran. Bayangkan perjuangan yang telah Anda lampaui. Jika saat itu Anda bisa mengarungi masa pahit, mungkin karena tetap optimis dan tak banyak berkeluh kesah, coba untuk praktekkan lagi saat ini. Hidup tak selalu mulus, karena masalah datang dan pergi. Jadikan saja dia teman belajar dan bersyukur karena selalu diberi kesempatan mengambil hikmah pada banyak hal.

Bertahan sampai saat ini

Kadang kita bertanya mengapa kita diberi ujian hidup seperti ini? Karena mungkin Sang Maha Pemberi percaya kita bisa melampauinya. Percaya bahwa kita adalah pribadi yang pantas diamanahinya. Percaya bahwa diri ini bisa menghasilkan solusi yang luar biasa. Bukankah itu anugerah yang luar biasa? Mendapat ujian yang nantinya berubah jadi pengalaman yang tak ternilai harganya.

Optimalkan potensi

Optimalkan potensi sebagai bentuk lain ungkapan bersyukur. Tidak menyia-nyiakan pemberian yang telah diperoleh. Mengembangkan bakat alami untuk kepentingan bersama. Atau menyumbangkan karya demi inovasi negeri ini. Sebagai modal besar yang belum tentu dimiliki oleh orang lain.

Ringan tangan

Mensyukuri juga berbagi. Menyebarkan tali kasih pada mereka yang membutuhkan. Ringankan tangan dan segera ulurkan. Dalam bentuk materi jika Anda merasa tercukupi. Namun bila tak ada, dapat pula berupa sumbangsih tenaga. Merayakan terima kasih atas rezeki, karunia, dan nikmat yang tiada tara. Bersyukur bahwa diri ini masih bisa berguna bagi orang lain tanpa memperhitungkan untung ruginya. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments