26

Nikmatnya Solo Traveling

Mereka boleh berkata menjalani liburan sendiri itu sepi. Tapi untuk Anda, liburan sendirian tetap mempunyai arti. Merasakan kenikmatan dan sensasi tersendiri.

Solo traveling memang unik. Bukannya tidak menyukai pergi beramai-ramai, alias rombongan. Bukan pula untuk menjauhkan diri. Sebab merinci alasan keinginan berlibur sendiri sulit dijabarkan. Barangkali harapan dapat menikmati waktu sendiri dan menemukan jati diri bisa mewakili.

Umumnya disukai bagi pencinta petualang dan pencari tantangan. Lokasi yang dipilih tidak selamanya membuat nyaman karena adanya berbagai fasilitas. Seperti begitu datang langsung tidur di hotel yang nyaman, dan tinggal memesan makanan bila sedang lapar. Banyak yang sengaja datang ke tempat tak tenar. Sedikit terjamah tangan manusia dan terpencil. Mengherankan bukan?

Namun semua itu bukan tiada manfaat sama sekali. Liburan sendiri tetapi mempunyai faedah bagi yang menikmati.

Me time

Waktu yang tersedia bisa dihabiskan khusus untuk diri sendiri. Hari-hari terasa istimewa, berbeda seperti biasanya. Bebas menentukan sesuai keinginan. Ingin tidur seharian di hotel sah-sah saja, berendam sauna dan dipijat ala spa juga bisa. Atau Anda ingin duduk di kafe dengan suguhan kopi lokal sembari menunggu parade karnaval lewat, menonton drama, serta pergi ke alam terbuka. Jalani apa yang Anda suka.

Membuang stres

Menyenangkan diri sendiri dengan berlibur termasuk salah satu metode yang sehat membuang stres. Langkah positif menyalurkan tekanan batin atau mental yang selama ini harus diemban. Mengempaskan segala keluh kesan dan sejenak meraih kepuasaan diri. Setelah liburan usai, hati pun lebih riang menjalani rutinitas harian.

Tidak terikat jadwal

Tidak terikat jadwal menjadi keunggulan berlibur sendiri. Tidak ada yang menahan untuk tinggal lebih lama atau membuat terburu-buru. Berapa jam bagi tiap tempat wisata Anda sendiri yang menentukan. Mungkin semakin lama berada di satu tempat, akan menutup rasa penasaran dan menambah pengetahuan tentang tradisi lokal. Namun tidak menutup kemungkinan, Anda lebih menyukai mengalokasikan satu hari untuk sebanyak-banyaknya kawasan. Fleksibel bukan?

Keluar dari zona nyaman

Karena sendiri, Anda pun harus mengatur segala sesuatunya sendiri. Jika selama ini bergantung pada bantuan orang lain, maka kali ini Anda mendapat kesempatan menyelesaikan tantangan dengan mandiri. Jangan anggap ini akan menghambat liburan. Justru menjadi pengalaman berharga menjalani fase hidup yang tak biasa dari keseharian kita.

Beradaptasi dengan cara sendiri

Beradaptasi dengan cara sendiri menjadi kenikmatan tiada duanya. Anda tak perlu sungkan bila tidak menyesuaikan dengan metode yang biasa dipakai oleh pendamping liburan. Tapi sepenuhnya bisa mengambil keputusan untuk menghadapi aneka tantangan berdasar prinsip dan minat yang bersumber dari pribadi.

Pengalaman yang berbeda

Entah apa saja yang akan Anda temui saat berlibur tanpa teman. Mungkin Anda merasakan kesepian, melihat fenomena yang mengiris hati, terluka di perjalanan, selamat dari intaian para kriminal, dan sebagainya. Mungkin menjadi pengalaman pahit dan menyisakan trauma. Namun juga memberikan pengalaman berbeda dan membuat kita belajar menyiasati kondisi yang sama lebih baik lagi. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

 

Comments

comments