06

Mudah dan Mandiri Merawat Sepeda

Sepeda yang rutin dirawat akan terjamin keawetannya. Tak perlu biaya yang mahal, merawat sendiri dari rumah bisa dilakukan.

Syaratnya, asal Anda rutin dan tahu tata caranya yang benar. Karena sepeda memiliki komponen yang perlu perlakuan khusus. Saling menyambung satu sama lain. Sehingga bila ada yang rusak akan berpengaruh pada fungsi komponen yang lain. Beberapa hadir dalam bentuk minimalis, namun tetap vital. Sekali rusak, Anda harus merogoh dompet lebih dalam.

Sepeda yang sehat akan terlihat dari staminanya. Ban berjalan sesuai ayunan pedal dan pengaturan. Mampu melintas di aspal yang mulus atau jalanan dengan batuan terjal. Rem langsung bekerja begitu tangan menekan di bagian stang. Rantai bebas dari karat dan memutar lancar. Tidak ada jari-jari ban yang patah, dan masih banyak lagi.

Tak masalah menambah aksesori untuk meningkatkan penampilan sepeda. Misalnya mengganti pedal dan jok. Namun upayakan tidak mengganggu kinerja sepeda secara keseluruhan atau salah satunya. Sebab bahaya menjadi ancamannya.

Teknik mencuci

Sebelum mulai mencuci, lepaskan semua ornamen tambahan yang Anda pasang. Seperti lampu, bel, dan yang lain. Gunakan sabun cuci piring jika Anda tidak mempunyai produk khusus untuk membilas sepeda. Campurkan sabun dan seember air hangat, lalu usapkan ke seluruh rangkaian kerangka. Juga pedal, stang, sampai jok. Saat mengusap, pilih lap atau spon dengan tekstur lembut. Setelah selesai, bersihkan kembali dengan air bersih dan tutup kegiatan mencuci dengan pengeringan.

Bagian rantai dan ban

Semprotkan air langsung ke bagian rantai dan ban. Tapi hindari bertekanan tinggi agar tidak melepas komponen. Sikat dengan bulu yang kaku akan sangat membantu melepas debu, kotoran, maupun sisa pelumas dari rantai. Pada ban, Anda bisa menggosok kuat-kuat. Tunggu hingga rantai kering. Lalu tambahkan minyak pelumas untuk mengembalikan kelancarannya berputar.

Cek sistem roda

Tidak hanya dibersihkan, roda juga perlu ditinjau keseluruhan. Mulai dari telah terpasang dengan benar dan begitu pula dengan jari-jarinya. Kokoh dan tidak goyang saat mulai diayunkan. Ban yang menempel pada roda tidak boleh terlalu kempes atau bertekanan tinggi. Baik bagian depan maupun belakang reaktif dan spontan berhenti begitu rem diaktifkan.

Rem berfungsi dengan benar

Kapanpun dan di manapun, rem harus senantiasa bekerja dengan optimal. Untuk itu Anda harus memastikan sebelum memulai perjalanan dengan sepeda. Rem yang kendor akan terasa dari tekanan tangan di bagian stang. Diikuti dengan roda yang tidak langsung berhenti. Tambahkan miyak rem dan setel ulang kabelnya. Jika kampasnya mulai menipis, segera bawa ke bengkel sepeda untuk mendapatkan yang baru.

Cara menyimpan

Ketika tidak digunakan, simpan dengan cara yang aman. Yakni membungkusnya dengan kain khusus atau kain biasa sesuai dengan yang Anda punya. Letakkan di area kering dan redup. Tujuannya, menjauhkan debu dan kotoran menempel dan hinggap terlalu lama. Juga menghindari hewan tinggal bersemayam dan merusak komponen seperti menggigit jari-jari sepeda. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments