24

Masker Rambut Alami Buatan Sendiri

Mengandalkan sampo dan kondisioner saja tidak cukup. Masker rambut bisa membantu Anda mendapatkan rambut yang sehat dan indah berkilau. Membuatnya juga tidak susah, bisa dikerjakan sendiri di rumah.

Bukan saja melindungi, masker rambut juga berusaha mengembalikan kondisi rambut ke keadaan yang lebih baik. Mengurangi kerontokan, memenuhi kelembapan rambut yang dibutuhkan, rambut tidak bercabang, dan mengatasi rambut yang patah-patah.

Masker rambut yang alami juga ekonomis. Hemat pengeluaran dan waktu, tanpa Anda harus membuat janji terlebih dulu dengan pihak salon. Minimal seminggu sekali mengaplikasikan pada mahkota kepala, masker rambut sudah menunjukkan hasil yang diharapkan. Apalagi bila Anda semakin rajin menggunakan, sudah pasti hasilnya lebih menjanjikan.

Jangan khawatir soal komposisi bahan. Kira-kira sendiri untuk panjang pendeknya rambut Anda. Asal menutup sempurna mulai dari kulit kepala sampai ujungnya.

Lidah buaya

Ambil secukupnya daging lidah buaya, dan sisihkan dari kulitnya. Haluskan dengan tangan atau Anda bisa menggunakan blender. Setelah teksturnya siap, Anda dapat langsung mengoleskan pada rambut. Ratakan dan pastikan semua bagian kulit kepala dan tiap helai rambut terkena. Tunggu hingga 30 menit, lalu keramas seperti biasa. Hasilnya? Rambut lebih berkilau dan terasa lembut sekali.

Avokad

Buah avokad juga ingin menunjukkan khasiatnya. Kupas satu buah dan haluskan. Bila adonan terasa sangat padat, Anda bisa menambahkan sedikit air agar lebih encer. Jadi upaya melekatkannya ke area rambut juga lebih mudah. Dan, jika takut masker dari alpukat ini berjatuhan, pasang shower cap atau handuk kecil. Mudah kan?

Pisang

Pisang juga sama baiknya dengan alpukat. Anda bisa memakainya guna mendapat rambut yang lebih sehat. Pilih satu jenis pisang yang bisa Anda temukan, lalu haluskan sampai benar-benar jadi puree. Jangan terlalu banyak menambahkan air, karena tekstur pisang sendiri sudah lembut. Gunakan kuas atau media lain untuk membantu Anda mengoleskan.

Madu dan telur

Madu dan telur memang kompak dan mujarab. Cocok sekali bagi Anda yang ingin mengurangi kerontokan dan mendapat rambut tebal. Bisa dibuat secara tersendiri atau dicampurkan ke bahan-bahan lainnya. Seperti avokad atau pisang tadi. Syaratnya, jika masker rambut mengandung telur dan ingin membilas dengan air hangat, hindari suhu yang terlalu tinggi. Sebab air panas bisa membuat telur matang di kepala. Tentu Anda akan kesulitan menyingkirkan dari helai-helai rambut.

Minyak zaitun dan minyak kelapa

Keduanya mengandung antioksidan. Menguatkan sel-sel dalam rambut dan saat disentuh terasa halus. Anda pun bebas menggunakan secara bersamaan atau salah satu saja. Penggunaan bagi rambut yang rusak berat, disarankan selama semalaman. Namun bila hanya untuk perawatan harian, cukup satu jam saja.

Santan

Santan juga berperan penting disini. Mengembalikan kelembapan alami rambut seketika. Utamakan mengambil santan yang kental dan dari kelapa murni. Anda juga bisa menambahkan perasan jeruk nipis. Bahan yang telah siap dapat langsung digunakan. Biarkan semalaman. Lalu lihat hasil keesokan hari setelah Anda keramas. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments