25

Mangut Manyung Asli Semarang di Bintaro

Kuliner Mangut Manyung adalah masakan khas daerah Semarang. Namun Anda bisa menyantap hidangan ini dengan rasa otentiknya di Bintaro. Bumbu mangut yang khas benar-benar membuat lidah Anda seolah “bertandang” ke Semarang.

Mangut Bu Uti, itulah nama resto yang harus Anda cari ketika rindu hidangan khas Jawa Tengah ini. Letaknya di lantai dua, Bintaro Plaza. Restoran ini memang baru beberapa bulan berdiri. Namun pelanggannya sudah cukup banyak.

Asli Semarang

Mangut adalah cara masak dengan bumbu kuah santan. Rasanya pedas, gurih, dengan nuansa asam segar. Bersama dengan ikan manyung yang sudah diasap, mangut dan manyung menjadi duet maut yang bisa membuat Anda lupa diet.

Di Mangut Bu Uti, ikan manyung didatangkan langsung dari desa nelayan yang ada di Semarang. Setelah diasap, ikan langsung dikirim ke Jakarta untuk diolah menjadi aneka masakan.

Tak heran, rasa ikan sangat khas. Dagingnya lembut dan manis. Dan tak perlu khawatir dengan duri atau tulang, karena tulangnya sangat besar sehingga Anda dapat dengan sangat mudah membuangnya. Harga semangkuk mangut juga sangat ramah di kantong, Rp 29 ribu saja.

Anda juga bisa membeli satu paket mangut seharga Rp 48 ribu. Dalam satu paket terdapat nasi putih, ikan mangut, sayur bayam, dan teh tawar.

Mangut Manyung.

Di sini Anda juga bisa menyantap mangut kepala manyung, atau kerap disebut mangut ndas manyung. Masakan khas daerah Kabupaten Pati, kecamatan Juwana ini banyak dicari orang, karena daging kepala ikan sangat gurih dan sedikit berlemak. Tentu saja lemak ikan laut yang sehat. Meski harga seporsinya cukup mahal, yaitu Rp 90 ribu namun karena kepalanya cukup besar, Anda bisa menyantap bersama 2-3 teman atau keluarga Anda.

Bila Anda sedang tak ingin makanan yang bersantan, Anda tetap bisa menikmati ikan manyung asap dengan memilih menu mangut penyet. Rasa pedasnya benar-benar menghantam lidah. Hati-hati, sensasi aroma asap yang berpadu dengan daging ikan yang lembut bisa bikin Anda lupa diri.

Menu Lain

Telur dadar penyet.

Selain menu mangut ikan, Anda juga dapat memilih makanan lain, seperti iga penyet. Yaitu iga sapi goreng yang disajikan dengan sambal terasi pedas. Seporsi dihargai Rp 45 ribu. Ada pula ayam penyet, lele penyet, tempe penyet, ati ampela, dan telur dadar penyet.

Untuk minuman, selain teh ada aneka jus buah dan jeruk nipis.

Anda bisa menyantap hidangan tersebut di dalam restoran yang bergaya industrial minimalis. Mungil, simpel, tapi bersih dan nyaman. (YBI)

 

Foto-foto: Etalase Bintaro/Yudhanti Budi

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments