15

Makan Bancakan di Hotel Berbintang

Makan ramai-ramai bersama teman atau keluarga besar memang lebih asyik. Apalagi kalau dimakan dengan cara unik, khas Indonesia, yaitu bancakan. Kini, Anda bisa menikmati nasi bancakan di hotel berbintang, tepatnya di Hotel Santika Premiere Bintaro.

Inilah salah satu inovasi dari hotel yang bertempat di Jl. Prof. Dr. Satrio, Bintaro Jaya. Nasi Bancakan ini adalah nasi beserta lauk pauk yang disajikan di atas daun pisang. Para penikmat menyantapnya bersama-sama dan saling berbagi. Tak ada piring, menu disantap di atas daun pisang. Lebih sedap bila menggunakan tangan.

Bancakan adalaha seni makan bersama dalam satu wadah. Ini merupakan tradisi nenek moyang kita. Namun hingga kini masih populer, terutama di kampung-kampung di daerah Jawa. Bancakan merupakan bagian dari selamatan atau syukuran.

Makan bersama dalam satu wadah.

Budaya ini mencerminkan semangat gotong royong dan kerukunan dalam bermasyarakat. Karena saat menyantap makanan dalam satu tempat atau wadah, setiap orang dianggap sama kedudukannya.

Lauk dan harga

Nasi bancakan ini tersedia di Teras Cafe, Hotel Santika Premiere Bintaro. Ada beberapa paket yang bisa Anda pilih, yaitu untuk 5, 8, dan 10 orang.

Untuk menu 5 orang, nasi putih ditemani dengan lauk ayam bakar/goreng/empal, tempe goreng, tahu pong bakwan sayur/jagung, ikan asin, sayur asem, kerupuk kaleng, sayur tumis, kangkung, pare, buncis. Dan tentu saja dengan sambal dan lalapan segar. Paket yang sangat menggugah selera ini bisa Anda nikmati dengan harga Rp 375 ribu. Dengan gratis es teh, air putih, dan puding.

Bila Anda makan bersama 7 orang teman, lauk-lauk tadi ditambah dengan empal goreng, ikan mas atau nila yang digoreng/bakar, perkedel, dan teri kacang. Harga paket untuk 8 orang ini adalah Rp 675 ribu. Sudah termasuk minum es teh, air putih, dan cendol.

Sambal matah.

Nah bila Anda mau mengundang 10 orang, Anda bisa memilih antara nasi putih atau nasi kebuli. Anda juga bisa memilih bebek goreng sebagai pengganti ayam atau empal. Selain itu, Anda mendapat tambahan berupa sate maranggi, pepes ikan peda/ayam, telur balado, garang asem, tumis buncis daging, serta buah-buahan. Harga paket makanan senilai Rp 975 ribu ini sudah termasuk jus, es campur, dan infuse water.

Seru ‘kan? Jadikan saat makan Anda berkesan dengan kembali ke budaya makan tradisional. (YBI)

 

Foto-foto: Etalase Bintaro/Yudhanti

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments