07

Lulur Buatan Sendiri Tak Kalah Ampuh

Ingin mempunyai kulit putih bersih tidak harus mengandalkan produk lulur hasil pabrik. Lulur juga bisa dibuat sendiri di rumah. Bermodalkan bahan-bahan alami dengan hasil yang lebih menyehatkan.

Dampaknya terasa tidak hanya untuk saat ini, penggunaan yang rutin akan membekas dalam jangka waktu lama. Merangsang pelepasan sel-sel kulit mati, sehingga kulit lebih cerah alami. Menambah produktivitas kolagen yang dibutuhkan untuk kekenyalan kulit. Juga membuat badan terasa rileks karena aliran darah berjalan lancar.

Memang warna putih dan cerah tidak secepat didapat bila menggunakan lulur buatan pabrik. Di mana sekali atau dua kali saja digosokkan, kulit sudah berubah pesat. Proses kerja lulur tradisional berbeda. Bekerja lebih lambat namun hasilnya efektif.

Kalaupun tak cocok, lulur tradisional jarang menimbulkan efek samping yang memberatkan kulit. Artinya, kulit tetap berada dalam kondisi sama seperti sebelum waktu pemakaian. Di samping itu tidak menimbulkan pencemaran pada air.

Lulur kuning jawa

Lulur kuning jawa merupakan hasil perpaduan dari tepung beras, kunyit, temu giring, dan daun pandan. Tepung beras memberikan efek dingin pada kulit, sedang kunyit melengkapi dengan menambahkan antioksidan dan antipenuaan dini. Ada pula kandungan tabir surya, vitamin C, serta anti-peradangan yang sangat berguna bagi kesehatan kulit.

Lulur bengkoang

Untuk membuatnya, parut atau haluskan beberapa buah bengkoang. Peras airnya. Diamkan beberapa jam atau semalaman. Hasil endapan yang menumpuk di bagian bawah bisa Anda gunakan sebagai lulur dan sekaligus masker. Vitamin C-nya sangat tinggi, begitu pula dengan kadar anti-oksidannya. Bengkoang juga mampu mendatangkan kembali kolagen yang telah surut di dalam lapisan kulit.

Lulur gula, pisang, madu

Haluskan pisang terlebih dulu. Kemudian tambahkan madu dan gula secukupnya, sesuai kebutuhan masing-masing. Gula berperan sebagai scrub guna menyingkirkan sel-sel kulit mati. Sedang pisang dan gula saling melengkapi dengan menghadirkan warna cerah merata di tiap sisi tubuh. Untuk hasil yang optimal, setelah digosok-gosokkan, biarkan lulur diam sebentar.

Lulur kopi

Kopi telah dipercaya membawa kebaikan pada kulit sejak dulu. Melembapkan dan membuat kulit sehat berseri. Caranya, padukan bubuk kopi murni dan air atau madu menjadi sebuah pasta kental. Gosokkan pada bagian yang Anda inginkan, lalu diamkan beberapa menit. Bilas seperti biasa, dan nikmati hasil yang menggembirakan setelah beberapa kali pemakaian.

Lulur putih telur

Pecahkan telur dan ambil bagian putihnya. Lulur putih sudah bisa langsung dibalurkan pada permukaan kulit yang dikehendaki. Selain mencerahkan, putih telur juga memberikan nutrisi, terutama pada kulit yang kering dan bersisik. Jika sudah menempel, diamkan kurang lebih selama 15 menit. Lalu bilas dengan sabun lembut untuk menghilangkan baunya.

Lulur susu

Susu mengandung air, lemak, dan protein sebagai sumber alami mengembalikan kelembapan kulit. Mencegah penuaan dini, keriput, dan sisik. Serta membantu melepas kotoran yang kerap menumpuk di sela-sela lipatan kulit. Anda pun bisa menambahkan madu atau bahan lainnya demi hasil yang lebih baik lagi. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments