10

Lebih Sukses dengan Latihan Ringan di Kantor

Kesibukan di kantor tampaknya tidak memberikan kesempatan pada pekerjanya untuk berolahraga. Padahal ada gerakan-gerakan ringan yang bisa dilakukan. Bermanfaat dan menyehatkan.

Tidak pula membutuhkan waktu yang lama. Cukup 15 menit atau lebih pendek lagi. Asal Anda rutin atau mengulanginya beberapa kali, hasilnya cukup menjanjikan. Setara dengan berolahraga selama setengah jam lamanya.

Olahraga ringan di kantor juga membantu menyeimbangkan gerakan tubuh. Di mana sebenarnya tubuh manusia tidak dirancang untuk duduk terus menerus. Sehingga stamina tetap terjaga, menjauhkan diri dari diabetes dan serangan jantung, tekanan darah stabil, termasuk mengurangi bahaya osteoporosis. Gerakan tulang juga tetap gesit seiring bertambahnya umur.

Gerakan yang ringan dilakukan dapat pula menjadi pelarian saat konsentrasi menurun. Membuang stres dan pikiran yang sedang jenuh. Kembali ke meja kerja dengan semangat yang lebih terkerek dan fokus yang lebih baik.

Peregangan jari-jari

Lakukan pemijatan dengan pelan di bagian jari dan pergelangan tangan. Lalu buka tutup secara mengepal dan berulang. Gerakan lain yang bisa dilakukan adalah luruskan lengan ke depan dan hadapkan bagian telapak tangan ke arah muka. Luruskan, tahan beberapa saat. Gerakan ini bisa dipilih untuk menyegarkan jari-jari yang mulai terbentuk kaku setelah sekian lama mengetik di komputer.

Pelemasan otot leher

Lemaskan otot leher yang tegang karena terus menatap layar. Gerakannya sangat mudah dan sederhana. Cukup miringkan leher ke bahu kanan dan kiri secara bergantian. Tambahkan juga gerakan memutar leher.

Lebih banyak jalan kaki

Ajak kaki lebih banyak melangkah. Misalnya dengan menaiki tangga daripada naik lift. Anda juga bisa memilih tempat makan siang yang lebih jauh dengan berjalan. Jangan suruh pekerja lain untuk mengambil minum, tapi bangkit dan ambil sendiri di bagian pantry. Upayakan menggerakkan kaki saat durasi duduk sudah mencapai 30 menit.

Gerakan sambil duduk

Gerakan yang bisa dikerjakan sembari duduk bertujuan untuk meregangkan punggung agar lebih rileks. Caranya, ambil posisi duduk yang tegak. Angkat kedua tangan ke atas dan gerakkan ke samping kanan kiri lalu ke kanan. Posisi lengan juga bisa digerakkan di belakang punggung.

Sambil duduk, Anda juga bisa mengangkat tungkai kaki sedikit di atas lantai. Tahan sekitar 10 sampai 15 detik. Lalu turunkan kembali. Ulangi sampai dirasa cukup.

Saat jeda

Di waktu istirahat, gerakan ringan juga bisa dilakukan tanpa harus mengganggu gerak pegawai lainnya. Anda bisa berlari-lari di tempat selama 15 menit, contohnya. Namun tetap awali dengan pemanasan sejenak saja. Pilihan lainnya yaitu pushup di dinding, berlari pelan di tangga, angkat beban sambil menaik-turunkan bahu, dan sebagainya.

Meditasi

Bagaimana bermeditasi di kantor? Mudah saja. Duduk di kursi, pejamkan mata dan buang segala pikiran yang negatif. Ganti dengan bayangan-bayangan yang indah, segala harapan yang ingin diraih, serta doa yang ingin Anda panjatkan. Tarik napas dalam-dalam dan hembuskan. Pikiran pun jadi lebih tenang dan ikut sehat. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments