21

Kata Netizen Soal Piala Dunia 2018

FIFA World Cup 2018 memang telah usai. Selama perhelatan tersebut, linimasa di media sosial ramai dengan berbagai hal tentang Piala Dunia. Isentia melakukan analisa terhadap topik yang paling banyak diperbincangkan para netizen di Indonesia selama gelaran pertandingan sepak bola dunia tersebut berlangsung.

Isentia merupakan perusahan analisa dan media monitoring berbasis Australia. Sejak 14 Juni hingga 15 Juli 2018, Isentia menganalisa percakapan di sosial media yang berhubungan dengan Piala Dunia.

Tercatat total ada 65.665 percakapan di media sosial Indonesia mengenai Piala Dunia 2018. Media sosial yang paling banyak digunakan adalah Twitter (81,3%), facebook (12,7%), Instagram (4,2%), blog dan forum (1,8%). Berikut hasilnya.

3 Momen Teratas

Ternyata bukan saat Perancis mengalahkan Kroasia di final yang paling banyak diperbincangkan orang di media sosial. Dari total 64 pertandingan yang digelar di 12 stadion, inilah pertandingan yang paling mendapat perhatian dan diperbincangkan oleh netizen Indonesia:

25 Juni 2018: Saat Uruguay mengalahkan Rusia 3-0 dan menempati urutan teratas grup A.

1 Juli 2018: Tiga tim besar, yaitu Argentina, Portugal, dan Spanyol tersingkir dari Piala Dunia.

12 Juli 2018: Kroasi melaju ke final setelah mengalahkan Inggris 2-1.

5 Tim yang Paling Banyak Diperbincangkan

Harus diakui, tim-tim besar masih mencuri perhatian para penggemar sepak bola. Meski beberapa gugur di babak-babak awal atau fase grup, namun tak berarti para netizen berhenti memperbincangkannya. Inilah tim-tim yang paling sering menghiasi linimasa: 

Argentina (8,4%)

Inggris (8%)

Perancis (7,5%)

Portugal (6,8%)

Spanyol (6,7%)

5 Pemain yang Paling Sering Diperbincangkan

Piala Dunia selalu melahirkan bintang-bintang baru yang kemudian bersinar lebih terang setelah Piala Dunia. Tak terkecuali tahun ini. Beberapa bintang muda ternyata sanggup mencuri perhatian penggemar sepak bola. Meskipun beberapa bintang sepak bola lama masih asyik diperbincangkan oleh netizen.

Mbappe (10,2%)

Kane (7,3%)

Messi (5,5%)

Ronaldo (4,6%)

Griezmann (3,4%)

Comments

comments