03

Jus Buah dan Sayur, Tak Boleh Asal Campur

Jus menjadi cara mendapatkan fungsi buah dan sayur secara optimal. Namun tak semua sayur dan buah bebas dicampur menjadi jus. Dapatkan resep dan ketahui aturannya agar jus tidak sia-sia diminum setiap hari.

Garis besarnya, jus buah bersifat merangsang tubuh mengeluarkan racun dan asam. Sedang jus sayuran memberikan ketenangan pada saraf yang letih dan perlahan membuang racun. Karena cara kerja yang berbeda, jangan mencampur lebih dari tiga jus dalam satu minuman.

Situs Juicing menyarankan kombinasi yang pas dalam mencampurkan buah-buahan. Misalnya, buah manis dengan buah sub-asam. Atau sayuran berdaun hijau dengan buah sayuran. Buah sayuran juga bisa dicampur dengan buah asam. Dan masih ada beberapa aturan yang patut dipertimbangkan.

Agar tidak membingungkan, Anda juga harus memahami golongan buah dan sayur tadi. Buah asam, contohnya, terdiri dari jeruk, lemon, stroberi, dan nanas. Sedang buah sub-asam antara lain apel, pir, pepaya, ceri, dan lain-lain. Untuk buah sayuran ada tomat dan mentimun. Sayuran berdaun hijau ada bayam, kol, seledri, peterseli. Sayuran akar memiliki anggota bit, kentang, wortel, serta lobak.

Jika ingin melumatkan semua bahan dalam juicer electric, upayakan minimal 900 watt. Sebagai langkah meminimalisir hilangnya kandungan gizi. Tambahkan pemanis alami seperti madu, atau yogurt dan susu rendah lemak untuk menambah rasa. Langsung minum begitu selesai dibuat.

Pink juice

Sediakan setengah buah lemon, satu buah tomat berukuran besar, dan seperdelapan semangka (ambil dagingnya saja). Memberikan sumbangan besar mencegah kanker payudara, prostat, dan kanker usus besar. Selain itu juga menghalau nyeri sendi, stroke, maupun gangguan pencernaan. Ginjal bersih, baik bagi penderita asma, dan terapi detoksifikasi.

Jus nanas kombinasi

Masukkan satu pir ukuran sedang, 15 helai daun mint, setengah nanas, dan 150 gram stroberi. Keunggulannya hampir sama seperti pink juice, ditambah mampu meningkatkan daya konsentrasi, sumber energi, menurunkan tekanan darah tinggi, dan meredakan peradangan.

Jus stroberi kombinasi

Padukan dua apel ukuran besar, tiga cangkir stroberi, dan setengah buah lemon. Manfaat yang menonjol antara lain mencegah penyakit alzheimer dan melindungi tulang. Disamping membantu mencerahkan kulit, hasil yang disukai kaum hawa. Dari jus ini, penyakit kronis bisa dihadang asal Anda rajin mengonsumsinya.

Jus apelberi

Kerjasama antara satu apel besar, tujuh wortel ukuran sedang, dan 150 gram stroberi akan menghasilkan jus apelberri. Kekebalan tubuh meningkat, penglihatan lebih tajam, kolesterol turun, mencegah kanker dan stroke. Mengatasi jerawat di wajah serta mencerahkan kulit yang kusam.

Jus hijau Dr. Oz

Jus hijau ini merupakan gabungan dua apel sedang, tiga batang seledri, satu mentimun, satu ruas jahe, setengah lemon (beserta kulitnya), satu buah jeruk nipis (dan kulitnya), satu tangkai peterseli, dan dua cangkir bayam. Penyakit kronis semacam kanker tidak jadi datang. Menurunkan penyakit asma, berat badan, serta membersihkan darah. Ampuh meningkatkan libido dan mengatasi masalah kulit wajah. Manfaat yang beragam kan? (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments