27

Cara Mudah Menyingkirkan Bau Kaki

Kaki yang bau tentu bikin malu. Tak lagi percaya diri dan siap-siap saja dijauhi orang di sekitar kita. Singkirkan bau kaki dengan langkah praktis dan sehat alami.

Kaki yang bau bisa disebabkan oleh beberapa sumber. Salah satunya datang dari kebiasaan yang tidak teratur mengganti kaos kaki dan sepatu. Keringat yang muncul dari kaki mengendap dan diikuti bau tak sedap. Ada pula perubahan hormon yang membuat keringat jadi berlebihan. Serta infeksi jamur yang turut menyumbang bau kaki tidak enak sama sekali.

Biasanya saat sepatu masih terpasang, bau tidak begitu kuat. Begitu dibuka, bau langsung menyebar kemana-mana. Menempel pula pada kaos kaki dan model sandal yang setengah terbuka. Baunya tidak mudah hilang dan seakan-akan mengiringi ke mana saja. Label jorok pun siap-siap saja disematkan pada diri kita.

Usir saja daripada Anda semakin dibuat tidak nyaman, begitu pula orang lain di sekitar. Langkah sederhana akan membantu. Meski bau tidak serta merta hilang sepenuhnya, minimal mengurangi kadar kuat aromanya.

Kaus kaki dan sepatu

Kaus kaki dan sepatu tidak memberikan kesempatan udara mengalir lancar pada bagian kaki. Sehingga keringat bercampur kuman mengendap, lalu tercium bau tak sedap. Maka dari itu, bila kaos kaki terasa basah atau lembap jangan lagi digunakan. Ganti dengan yang baru dan pilih yang terbuat dari katun tipis. Atau lebih baik tidak usah mengenakannya sama sekali di tahap-tahap awal. Agar udara lebih lancar dan bau tidak tertahan di bagian kaus kaki.

Cermati pula sepatu yang sering menemani langkah kaki. Seumpama kondisi memungkinkan untuk tidak menggunakannya sepanjang hari, lebih baik lepas saja. Biarkan kaki sejenak bebas darinya, dan sebagai gantinya, Anda bisa mengenakan alas kaki yang terbuka. Misalnya sandal jepit. Cuci sepatu begitu bau dan jemur di bawah matahari. Masukkan arang ke dalamnya untuk membantu mengusir bau.

Sebelum memakai sepatu

Anda bisa melakukan rutinitas sebelum memakai sepatu. Basuh kaki dengan sabun tanpa melewatkan sela-sela jari. Pijat secara memutar, berulang, dan diamkan sebentar baru bilas. Pastikan telah dilap dengan kering dan baru kenakan sepatu. Jangan sekali-kali memasukkan kaki yang masih lembap ke dalam sepatu. Dijamin bau tak enak tidak akan pernah pergi.

Ramuan untuk merendam kaki

Ada banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan. Mulai dari lemon, jeruk nipis, garam, dan baking soda. Masing-masing dapat dicampurkan ke dalam baskom berisi air. Biarkan kaki terendam selama 15 menit, dan rasakan hasilnya. Dapat pula dengan membalurkan pasta kopi atau teh ke bagian kaki dan diamkan beberapa saat. Anda dapat memadukan atau memakai bahan-bahan tersebut secara terpisah. Tak masalah bila ingin sering memakainya, karena tidak ada efek samping yang berarti.

Bahan tambahan  

Untuk hasil yang maksimal, gunakan saja deodoran khusus kaki. Tambahkan antiprespirant dan spray anti bau kaki. Ketiga bahan tersebut akan bekerja sama membasmi bau, sekaligus membunuh bakteri. Kaki pun jadi beraroma wangi. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments