19

Cara Mudah Memperbaiki Tumit Pecah-Pecah

Pecah-pecah pada bagian tumit memang bisa disembuyikan. Tapi mau sampai kapan? Saat terlihat tentu mengganggu penampilan. Daripada disembunyikan, lebih baik dienyahkan.

Namun pentingnya menyingkirkan pecah-pecah pada tumit bukan hanya terkait penampilan semata. Tumit yang menjadi berwarna kuning kecokelatan, kulit menebal, retak-retak memanjang kerap menimbulkan derita. Sering terasa gatal, nyeri, dan beberapa kasus sampai berdarah. Tumit kaki yang pecah juga menjadi indikator kesehatan yang kurang baik.

Penyebabnya sendiri bisa bermacam-macam. Faktor cuaca yang tak cocok, kondisi air yang tak sehat, kebiasaan menginjak benda-benda kasar tanpa perlindungan, dan masih banyak lagi. Bisa pula ditengarai sebagai gejala munculnya penyakit diabetes. Karena itu, jangan anggap remeh saat menemukan pecah-pecah pada kaki yang sudah terlihat tak wajar.

Segera singkirkan. Bahan-bahan di sekitar bisa digunakan sebagai obat. Lebih alami dan menggaransi tumit mulus kembali. Jangan heran jika rasa percaya diri berkembang lagi.

Pelembap

Pelembap yang tersedia khusus untuk tumit pecah adalah solusi cepat. Pilih yang mengandung petroleum jelly, mineral oil, sampai dengan yang memiliki kadar kelembapan tinggi. Setelah dioles, pakai kaos kaki dari bahan katun agar pelembap meresap sempurna. Menunda terhapus karena gesekan kaki dengan alas yang diinjaknya.

Air hangat dan sabun

Rendam kaki menggunakan air hangat. Gosok secara perlahan bagian tumit dengan sabun lembut. Lakukan kurang lebih selama 20 menit. Air hangat dan sabun akan membantu melepas sel-sel kulit mati dan mengurangi retakan. Hasilnya, tumit lebih halus dan retak-retak perlahan tersamarkan.

Bahan alami

Bahan alami juga mempunyai peran yang penting. Sebut saja madu, lemon, air mawar, gliserin, dan tepung beras. Untuk madu, Anda dapat langsung mengoleskannya. Tetapi air mawar dan gliserin perlu dicampur jadi satu. Oles dan biarkan semalam. Tepung beras bisa Anda padukan dengan air biasa sebagai bahan rendaman. Masukkan kaki dan tunggu beberapa saat sembari menikmati waktu serasa di spa.

Jenis minyak

Banyak sekali jenis minyak yang bisa membantu. Kita mulai dari minyak zaitun yang sudah terkenal memiliki khasiat beraneka rupa. Ada pula minyak tradisional khas nusantara, yakni minyak kelapa. Atau minyak wijen dan minyak sayur yang tak kalah manfaatnya. Kelembapannya yang sangat tinggi dan mengandung anti-inflamasi akan mempercepat proses pengelupasan kulit kering dan menutup retakan lebih cepat.

Bumbu dapur

Bumbu dapur pun bisa dipakai. Bila tak masalah dengan warna yang ditimbulkan, Anda bisa menggunakan bubuk kunyit. Campur saja dengan madu dan minyak kelapa, oles dan diamkan selama setengah jam. Pilihan lain yang dapat dimanfaatkan adalah cuka, garam, dan gula. Masukkan secukupnya pada air rendaman kaki, dan biarkan bekerja dengan sendirinya.

Perawatan dari dalam

Lengkapi prosesnya dengan perawatan dari dalam. Anda perlu memperbanyak asupan mineral, juga air putih setiap hari. Konsumsi sayur dan buah secara rutin, guna meraih faedahnya. Mengobati sekaligus membentengi diri. Tidak hanya kaki, tapi secara keseluruhan bisa merasakan hasilnya. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments