20

Cara Halus Menolak Pindah ke Divisi Lain

Bukan tradisi, dipindah ke divisi lain sudah menjadi peraturan kantor yang bisa datang kapan saja. Tetapi disaat diri belum siap untuk pindah, sebaiknya Anda mengajukan peninjauan ulang. Gunakan cara-cara halus agar hasilnya lebih efektif.

Pada dasarnya pindah memindah divisi oleh perusahaan ada tiga jenis, promosi, demosi, dan mutasi. Promosi menyangkut naiknya jenjang jabatan dengan kompensasi gaji yang lebih tinggi. Tentunya ditawarkan pada karyawan yang berkapasitas dan berprestasi.

Sedang demosi adalah kata lain dari penurunan pangkat. Keputusan yang diambil berdasar  kesalahan yang berulang atau sistemik. Terakhir, mutasi sama dengan rotasi. Bisa dipindah ke bagian lain dalam satu kantor. Bisa pula dipindah ke kantor cabang lain.

Selain belum siap, terkadang karyawan memang tidak menginginkan dipindah. Sekalipun kemampuannya tidak perlu diragukan menangani divisi yang baru. Namun, mengutarakan alasan terlalu gamblang akan menimbulkan kerentanan yang tidak baik efeknya bagi diri sendiri. Sebab kelak perusahaan akan ragu untuk menawarkan kembali posisi yang baru.

Mainkan seni penolakan dengan cantik. Menjaga performa kinerja dan karier yang telah dibangun selama ini.

Kemampuan saya belum memadai

Anda mungkin terkesan bukan pribadi yang percaya diri. Namun penolakan berdasar kemampuan yang belum memadai akan efektif dipertimbangkan oleh atasan. Sebaliknya, tegaskan bahwa Anda dapat optimal bekerja untuk divisi yang sekarang ini dipegang. Lalu tambahkan spesfikasi apa saja yang bisa dikuasai, di mana akan sia-sia bila Anda dipindah ke divisi lain. Perusahaan akan menilai bahwa keputusan mereka memang harus direvisi. Atau mencari solusi untuk mendongkrak kompetensi karyawannya.

Saya sudah kompak dengan tim

Kekompakan merupakan barang berharga yang perlu diprioritaskan oleh perusahaan. Jaminan untuk mencapai strategi yang telah direncanakan dan meraih keuntungan yang ditargetkan. Uraian alasan tersebut perlu Anda tekankan dan perkuat dengan bukti-bukti dari hasil kerja tim. Jika divisi sampai dirombak, tentu akan membawa perubahan yang signifikan bagi perusahaan sendiri.

Beri saya waktu

Tetapi ketika karyawan tidak mempunyai hak suara menggugat kebijakan perusahaan, minta kelonggaran waktu. Waktu yang bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak kemampuan agar nantinya lebih siap di divisi yang baru. Atau waktu yang dipergunakan menutup kekurangan capaian di divisi saat ini. Sehingga Anda pergi dengan lebih lega karena telah menyelesaikan apa yang sudah ditugaskan.

Faktor keluarga

Jangan ragu untuk mengangkat isu pribadi, yakni keluarga. Misalnya, bila dipindah akan membuat Anda kekurangan waktu mengurus anak-anak yang masih kecil, berjauhan dengan pasangan, dan sebagainya. Perusahaan mempunyai etika menjunjung kebutuhan karyawan secara sosial. Karena memiliki ikatan kuat yang berpengaruh pada kinerja di kantor.

Bagaimana kalau yang lain saja?

Anda bisa mengambil trik dengan mengajukan nama lain. Nama yang mungkin sebelumnya tidak terpikirkan sama sekali oleh perusahaan. Seperti teman dalam satu tim yang dianggap lebih cocok menguasai divisi lain. Perusahaan tidak lagi berkonsentrasi penuh pada diri Anda, namun mulai mempertimbangkan keberadaan pegawai  yang lain. Efektif kan? (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments