13

Basmi Jerawat dengan Bahan Alami

Jangan beri tempat jerawat berlama-lama hinggap di wajah kita. Segera basmi agar tidak kembali lagi. Tetapi tetap pakai jalur yang aman, yakni gunakan bahan-bahan yang alami.

Salah langkah perawatan wajah untuk mengusir jerawat malah memicu datangnya lebih banyak masalah. Efek samping yang sering ditemui pada penggunaan produk-produk kimiawi. Belum tentu cocok di kulit muka, harganya juga menguras isi kantong. Waktu Anda pun rasanya terbuang sia-sia melakoni serangkaian prosedurnya. Kerugian yang berkali lipat kan?

Berbeda bila kita mengambil opsi pada bahan alami. Walau hasilnya terlihat lebih lama, namun dapat dijamin lebih aman dan tidak berefek negatif. Bahannya mudah ditemui dan terjangkau nilainya. Menariknya lagi, bukan hanya jerawat yang terbasmi, bintik-bintik hitam sebagai bekasnya, warna kusam, sel kulit mati, dan lainnya juga ikutan pergi.

Oleskan pada wajah sebagai masker dan tunggu beberapa menit saja. Asal Anda rajin menggunakan beberapa kali dalam seminggu saja, jerawat pasti tersapu bersih. Dan imbangi dengan konsumsi makanan bergizi, pola hidup lebih sehat, olahraga rutin, dan kenali penyebab utama munculnya jerawat Anda.

Lemon

Asam askorbat yang terkandung pada lemon pelan tapi pasti mengurangi peradangan yang berbentuk jerawat. Kulit juga lebih cerah dan pori-pori kulit bersih dari sumbatan bakteri. Perah, ambil jusnya, dan oles tipis-tipis di bagian muka dan leher.

Lidah buaya

Dua zat efektif, yaitu giberalin dan polisakarida, pada lidah buaya menjadi kuncinya. Ada juga kandungan antioksidan, vitamin C serta E yang membantu memperbaiki kondisi kulit setelah jerawat berhasil menduduki. Kupas kulitnya untuk mendapatkan daging atau gel, lalu haluskan dengan sendok atau garpu. Aplikasikan, diamkan, lalu bilas seperti biasa.

Madu dan kayu manis

Campuran kedua bahan ini begitu dahsyat menghadapi jerawat. Bekerja sama mengatasi peradangan dan luka pada kulit. Zat antimikrobanya cepat membunuh bakteri, serta anti-biotik alami menangani luka yang terlanjur muncul dengan seksama. Ambil komposisi menurut selera dan manfaatkan sebagai masker. Pastikan bagian wajah tertutup semua, kecuali area mata, dan pijat beberapa menit sebelum Anda mendiamkan beberapa saat.

Minyak zaitun

Minyak yang diperoleh dari buah zaitun ini juga obat mujarab bagi jerawat. Memiliki antioksidan tinggi yang tak disukai bakteri. Kulit juga terasa cerah, kenyal, dan kencang setelah penggunaan beberapa kali. Tidak hanya sebagai masker, Anda juga bisa memakainya sebagai pelembap wajah.

Bumbu dapur

Bumbu dapur pun punya peran penting. Seperti bawang putih, bubuk kunyit, dan jintan hitam. Tak perlu khawatir dengan efek bau atau warna yang akan ditimbulkan pada wajah. Begitu dicuci dengan sabun, akan pudar dengan sendirinya.

Buah-buahan  

Buah juga tidak mau ketinggalan. Mengusir jerawat dan meninggalkan rasa segar. Kulit serasa mendapat suntikan vitamin C yang mencerahkan. Pilih saja pepaya, pisang, tomat, alpukat, strawberry, bengkuang, dan lainnya. Setelah dihaluskan dapat langsung dioleskan. Namun Anda tak perlu ragu bila ingin mencampurnya dengan madu demi hasil yang lebih baik lagi. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments