09

Barang Wajib Dalam Tas Tangan Saat Wisata

Travelling biasanya membutuhkan dua tas. Satu untuk diletakkan di bagasi, dan satu lagi untuk dipegang. Alias tas tangan yang harus ditenteng. Berisi barang-barang berharga dan yang tidak boleh ketinggalan.

Tas tangan umumnya tampil dalam ukuran mini. Mudah dibawa ke mana saja. Kerap disebut sebagai penunjuk style si empunya. Namun, fungsinya luar biasa. Tas tangan mem-back up beragam kebutuhan selama masa perjalanan. Baik yang sudah bisa ditebak, maupun yang bersifat situasional.

Jadi, tengok kembali tas tangan Anda. Lengkap di persiapan, nyaman di perjalanan.

Uang tunai

Uang tunai hampir pasti dibutuhkan untuk segala transaksi. Membayar makanan, tips untuk sopir taksi, sampai ongkos porter. Pastikan jumlahnya cukup dan bisa diandalkan sebagai cadangan. Jangan lupakan pula uang dalam pecahan kecil.

Sertakan kartu elektronik yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran. Seperti ATM dan kartu kredit.

Kartu identitas

Letakkan kartu identitas dalam tas tangan. KTP, paspor, visa, kartu kepegawaian, dan kartu lainnya sebagai identitas diri. Bila ada pemeriksaan, Anda bisa langsung menunjukkan keterangan yang legal.

Alat komunikasi

Ingat-ingat kembali untuk memasukkan alat komunikasi. Terutama ponsel dengan segala keunggulannya. Menghubungkan dengan mudah di manapun Anda berada, menyediakan informasi tanpa batas, sekaligus menjadi partner hiburan yang setia. Bawa pula charger atau power bank agar ponsel tidak kehabisan daya.

Dokumen

Jika Anda harus membawa dokumen penting, selipkan saja di tas tangan. Ketimbang masuk ke bagasi. Meminimalisir risiko kehilangan atau rusak. Dengan begitu Anda tetap bisa menjaganya dengan aman.

Obat pribadi

Jangan pernah meremehkan fungsi obat pribadi. Benda penyelamat pertama ketika timbul masalah kesehatan. Terutama bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit kronnis tertentu. Jika tidak bisa membawa semua, minimal bawa beberapa butir sebagai bekal di perjalanan.

Tisu

Siapkan tisu basah dan tisu kering. Singkat dan efektif mengusir kuman atau kotoran. Media utama menjaga kebersihan bagi diri sendiri dan keluarga.

Buku catatan

Walau alat komunikasi bisa merekam tulisan, tetap sediakan beberapa lembar kertas sebagai buku catatan. Berikut alat tulis yang lancar untuk menorehkan huruf demi huruf. Apalagi jika Anda ingin memberikan catatan singkat pada orang lain, keberadaan buku catatan tentu akan sangat membantu.

Tiket

Sebaiknya tiket yang tercetak Anda simpan saja dalam tas tangan. Termasuk boarding pass atau keterangan yang dibutuhkan terkait moda transportasi. Bila sampai hilang, tentu Anda yang akan kerepotan.

Camilan ringan

Jadwal keberangkatan tertunda karena cuaca buruk dan sebagainya, sedang perut mulai bersuara, di sinilah peran camilan ringan. Pilih saja camilan yang tidak menghabiskan tempat dan tetap sehat. Lengkapi dengan sebotol minuman untuk mengatasi dahaga yang datang.

Pelembap 

Tambahkan losion bagi tangan, kaki, bibir, maupun untuk wajah. Suhu ekstrem dan polusi di jalan sering membuat kulit dehidrasi. Minimal, pelembap akan menjadi benteng pelindung dan sumber nutrisi yang dibutuhkan kulit. Jadi, sekembalinya dari travelling, penampilan Anda tetap tampak memesona. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments