14

Bagian Rumah yang Sering Lupa Dibersihkan

Ada beberapa bagian rumah yang sering tidak dilibatkan saat aktivitas bersih-bersih dilakukan. Sebagian bahkan sering tersentuh banyak tangan. Semakin lama tidak dibersihkan, semakin banyak pula kuman dan bakteri yang tinggal.

Mungkin karena tampilannya yang selalu tampak cemerlang. Tidak pula menjadi lokasi favorit untuk berkegiatan juga menjadi alasan. Selain bukan kebiasaan untuk membersihkannya setiap saat.

Libatkan dari sekarang. Minimal dalam seminggu Anda membersihkannya sekali. Mumpung libur akhir pekan, bersihkan rumah dengan lebih teliti. Rumah terjaga seutuhnya, keluarga pun sehat senantiasa.

Gagang pintu

Sadar atau tidak, gagang pintu sering lupa untuk dibersihkan. Baik pintu depan, pintu kamar, maupun ruangan lainnya. Kadang harus disentuh oleh bukan hanya tangan keluarga, namun juga ada campuran tangan dari luar.

Tetapi penangangan yang salah akan membuat gagang pintu rusak, terutama warnanya jadi kusam. Untuk mengembalikannya Anda bisa menggunakan cat kuku yang berwarna bening.

Kran air

Sia-sia mencuci tangan, bila setelah selesai Anda menyentuh kran air yang kotor. Kran juga tidak menjadi prioritas, barangkali karena dekat dengan air dan bisa bersih dengan sendirinya. Anda hanya cukup sesekali menyikat tubuh kran seluruhnya. Lakukan pelan dengan lap halus supaya warnanya tetap awet. Jamur, lumut, dan kuman yang suka hinggap di tempat lembap pun terenyahkan.

Pegangan tangga

Tersentuh, tapi tak aman bagi tangan. Gara-gara luput dari perhatian. Fungsinya yang penting tidak didukung kebersihannya. Saat tidak terlalu kotor, Anda cukup membersihkan debunya saja. Tetapi ketika sudah lama tidak terjamah, gunakan cairan untuk membantu menyingkirkan bakteri yang telah lama mengendap. Tetap perhatikan bahannya, misal dari kayu, supaya cairan pembersih tidak menimbulkan kerusakan.

Bagian kolong

Bagian kolong yang sering dipastikan bersih hanya lantainya saja. Sedang yang menyentuh langsung pada bagian bawah perabot belum tentu terjamin. Seperti kolong tempat tidur, meja, kursi, dan sofa. Debu dan sarang laba-laba suka memilihnya sebagai sarang tidurnya. Manfaatkan vacuum cleaner jika Anda ingin membersihkannya.

Kusen jendela

Kusen jendela selalu tampak bersih. Padahal dicolek sedikit saja, debu langsung menempel di tangan. Ambil lap dan sentuh tiap sisi kusennya. Bagian yang terletak di dalam, maupun yang menghadap keluar. Saat menggunakan cairan, lagi-lagi, perhatikan bahan kusen jendela yang umumnya terbuat dari kayu. Pilih cairan yang ramah pada kayu atau bahan tertentu.

Belakang perabot

Belakang lemari, sofa, tempat tidur, kulkas, dan perabot-perabot besar lainnya juga kurang diintip saat bersih-bersih harian. Bila ditambahkan, bawah karpet juga masuk dalam daftar. Saat Anda merasa sapu sudah cukup mewakili tak masalah, namun vacuum cleaner tentunya makin efektif.

Ventilasi

Bersihkan ventilasi udara yang ada di rumah. Biasanya terletak di bagian atas, memiliki jaringan kawat halus sebagai penghalang serangga memasuki rumah. Sedot saja debunya dan ventilasi bersih kembali.

Langit-langit

Terakhir, jangan lupakan bagian langit-langit. Laba-laba suka membuat sarangnya  disana. Jika tidak bisa menjangkaunya, minta bantuan pada petugas pembersih. Langit-langit bersih, rumah pun tidak tekesan sebagai hunian kusam yang telah lama ditinggalkan pemiliknya. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments