03

Aktivitas Ringan Pendongkrak Semangat di Pagi Hari

Percayakah Anda, pagi hari menentukan segalanya? Suasana hati yang tak menentu saat bangun pagi membuat aktivitas seharian jadi kelabu. Lakukan aktivitas ringan untuk mendongkrak asa dan mendatangkan rasa bahagia.

Ya, seberat apapun beban pekerjaan yang sudah menunggu, tanamkan semangat bagi diri sendiri untuk memulainya. Percaya bisa melakukan dengan percaya diri dan tetap optimis pada hasilnya. Presentasi di hadapan bos dan para klien, soal-soal ujian yang menciutkan nyali, sampai khawatir omset dagangan tak tercapai akan sirna pelan-pelan. Keluar dari rumah pun lebih siap menghadapi aneka tantangan.

Hal yang berbeda akan sulit Anda rasakan bila bangun tidur penuh emosi, malas-malasan, apalagi marah tanpa alasan. Jangankan memulai dengan hati yang gembira, terbersit ingin melakukan apa saja kadang tidak ada. Jadi jangan menyia-nyiakan pagi cerah yang Anda punya. Hadirkan asa bermodal aktivitas ringan yang tidak perlu biaya.

Senyum dan syukur

Pasang senyuman di wajah Anda untuk menyapa pagi. Juga pada orang yang telah membangunkan atau keluarga yang telah menunggu di meja makan. Menyalurkan energi positif bagi diri sendiri maupun orang-orang di sekitar Anda berada. Rasa pesimis menghadapi hari yang panjang pun urung mendatangi.

Kombinasikan dengan perasaan syukur. Atas segala hal yang Anda punya. Potensi, bakat, rezeki, keluarga, dan teman-teman yang telah banyak membantu selama ini. Pemberian yang sangat bernilai namun seringkali kita lupakan. Berterima kasih dengan mengoptimalkan modal yang kita miliki sebagai pelecut asa hari ini.

Meditasi dan olahraga ringan

Jangan terburu-buru beranjak dari peraduan. Anda bisa duduk sejenak dan melakukan meditasi barang sebentar. Dapat pula di beranda kamar sambil menikmati iringin angin pagi yang menyegarkan. Duduk bersila, pejamkan mata, lalu fokuskan pikiran pada tujuan yang ingin Anda capai atau suasana yang damai. Membawa ketenangan, ketentraman, serta memaafkan yang telah berlalu.

Jika masih ada waktu, lanjutkan dengan olahraga ringan. Tidak terlalu menyita waktu namun tetap mendatangkan kesehatan bagi tubuh. Yoga, pemanasan selama 10 menit, bersepeda stasioner di rumah, dan lainnya bisa jadi pilihan.

Sarapan sehat

Siapkan menu yang sehat guna mengundang mood baik di pagi hari. Misalnya buah dan sayur, atau perpaduannya. Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan instan tinggi kalori atau terlalu manis, efeknya sudah pasti tidak baik. Berkorelasi negatif dengan energi dan semangat yang ingin Anda raih.

Buat target hari ini

Masih ogah-ogahan memulai hari? Buat daftar kegiatan dan target dalam sehari. Pedoman yang akan menuntun dimulainya langkah dan mengundang semangat pada diri. Bila angan dirasa tak cukup kuat mengingat, Anda bisa menorehkannya di atas kertas sebagai dokumentasi memori.

Menghirup udara pagi

Buka mata dan segera langkahkan kaki dengan menghirup udara pagi. Membangkitkan tubuh dan pikiran yang telah lama terpejam dalam mimpi. Menyadarkan diri sendiri hari telah dimulai. Saatnya berinteraksi, kolaborasi, berkompetisi dan berprestasi. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments