14

Agar Anak Terbiasa Makan Sambil Duduk

Membuat anak mau makan sambil duduk memang tidak mudah. Pada dasarnya, anak-anak lebih suka makan tanpa berdiam diri. Entah diselingi main atau jalan-jalan. Ujung-ujungnya orang tua atau pengasuh capek sendiri, dan akhirnya kesal. Agar tak lelah menyuapi si kecil, biasakan anak untuk duduk saat makan. Mulai dari sekarang.

Mengajarkan anak akrab dengan meja makan bukan sebatas masalah norma. Sejak kecil anak memang perlu dibiasakan menghabiskan makanan di tempat yang seharusnya, yaitu meja makan. Atau setidaknya tempat khusus tanpa perlu diwarnai dengan aktivitas jalan-jalan.

Di sisi lain, makan sambil jalan-jalan juga tidak sehat bagi anak itu sendiri. Mengapa? Sebab waktu yang diperlukan untuk seporsi makan lebih lama, sehingga mengganggu aktivitas yang lain. Selain itu, sering memicu anak jadi muntah dan nutrisi makanan tak terserap dengan sempurna.

Tak ada kata terlambat. Bila sudah terlanjur, Anda masih bisa membuat anak senang makan di meja makan.

Terbiasa

Terbiasa karena sudah biasa. Itulah yang perlu Anda lakukan untuk membuat anak kenal meja makan sejak awal. Anda bisa memulainya sejak anak mulai mengonsumsi makanan tambahan selain ASI. Di usia 6 bulan atau masih bayi. Urusan suap-menyuap jadi lebih mudah, karena Anda tak perlu repot-repot menggendong atau membawa anak jalan-jalan ke luar rumah. Sejak awal pula, anak menyadari bahwa proses makan mesti dilakukan dengan duduk.

Makan bersama

Masih jamak kita temui dalam sebuah keluarga, anak dan orang tua makan tidak dalam waktu yang sama. Orang tua yang terburu-buru berangkat kerja setiap pagi, atau anak-anak yang lebih siang menunggu bangun dari tidurnya. Cobalah untuk rutin makan bersama-sama, meski tidak harus sehari tiga kali.

Anak lebih tertarik makan sambil duduk bila merasa ada yang menemani, apalagi orang-orang terdekat yang dia kasihi. Dengan begitu, anak akan menilai proses makan sebagai ajang bersama untuk berkumpul dan menghangatkan satu sama lain, tidak berhenti pada duduk manis saja.

Sediakan meja makan

Ikuti tradisi atau kebiasaan yang melekat di keluarga Anda. Meja makan atau mau lesehan. Sediakan fasilitas tersebut supaya anak memahami lokasi yang semestinya tiap kali melakukan proses makan. Sebaliknya, tanpa ada meja makan, kursi khusus, atau ruangan tertentu, anak cenderung akan bingung. Tiada kepastian untuk membuatnya tenang menghabiskan seporsi makanan.

Abaikan kegiatan yang lain

Cara lainnya adalah membuat anak fokus pada makanan. Abaikan kegiatan lainnya, seperti menonton televisi, menyalakan ponsel apalagi permainan online, atau lainnya yang bisa mengalihkan perhatian anak. Tidak hanya berlaku untuk anak, tapi juga seluruh anggota keluarga, termasuk Anda sebagai orang tua.

Fun

Mungkin selama ini proses makan sambil duduk begitu monoton dan membosankan. Ciptakan suasana baru yang menyenangkan, menarik, dan selalu ditunggu oleh anak-anak. Selingi dengan dialog, menceritakan pengalaman masing-masing setelah seharian menghabiskan waktu di luar, dan hangat oleh canda tawa. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments