17

Cara Menjaga Agar WiFi Tidak Dibobol Tetangga

Internet sudah seperti kebutuhan pokok. Terlebih saat pandemi, ketika hampir semua kegiatan mengandalkan jaringan internet, mulai dari bekerja, sekolah, hingga membeli barang kebutuhan. Belum lagi keperluan internet untuk bersosialisasi secara digital.

Tak heran bila jaringan WiFi untuk mengakses layanan internet banyak diincar. Password WiFi sudah seperti barang berharga. Sedikit lengah bisa dibobol oknum yang ingin akses internet gratis. Oknum tersebut bahkan bisa tetangga sendiri.

Gara-gara akses WiFi kericuhan dengan tetangga bisa terjadi. Seperti yang terjadi beberapa bulan lalu di Bekasi. Seorang tetangga membacok tetangga lain yang dituduh membobol password WiFi-nya.

Baca juga: Tips Aman Berinternet Saat Bekerja dari Rumah

Untuk menghindari kesalahpahaman dengan tetangga, terlebih untuk menjaga keamanan akses internet rumah Anda, lakukan langkah pengamanan agar password WiFi tidak dapat diintip oleh tetangga atau oknum lain.

Rutin ganti password WiFi

Ini cara paling simpel untuk mencegah orang mengakses WiFi Anda. Ganti password setidaknya seminggu sekali. Terutama bila Anda pernah membagikan password tersebut ke tamu, tetangga, atau teman yang sedang berkunjung ke rumah Anda. Pilih password yang sulit ditebak. Gunakan variasi huruf kapital, huruf kecil, angka, dan karakter unik.

Sembunyikan SSID

SSID adalah singkatan dari service set identifier, atau sering disebut nama WiFi. Nama-nama WiFi yang ada di sekitar orang tersebut muncul ketika seseorang mengklik fitur WiFi di laptop atau ponsel.

Anda bisa membuat nama WiFi Anda tidak muncul alias tidak terdeteksi oleh perangkat di sekitarnya.

Caranya mudah, Anda tinggal mengakses halaman konfigurasi router WiFi dan mengaktifkan fitur hide SSID.

Kurangi jarak jangkauan sinyal WiFi

Atur transmission power agar kekuatan transmisi yang dihasilkan router tidak sampai ke rumah tetangga. Atau bisa juga dengan meletakkan router WiFi pada posisi paling jauh dengan tetangga. Yang lebih ampuh lagi adalah menggabungkan keduanya.

Dengan begitu tetangga kesulitan memperoleh sinyal WiFi yang cukup. Ujung-ujungnya dia menyerah dan berhenti mencuri akses internet dari Anda.

Baca juga: Kondisi Rumah Yang Membuat Sinyal Wifi Payah

Batasi jumlah pengguna WiFi

Ini adalah solusi jitu dan ampuh untuk mencegah tetangga mencuri akses WiFi. Tentukan berapa perangkat yang terhubung ke WiFi Anda. Lalu atur di halaman konfigurasi router WiFi agar WiFi Anda hanya bisa mengatur sejumlah perangkat tersebut.

Dengan begitu bila ada oknum atau tetangga yang mengetahui password WiFi Anda dan ingin mengakses, mereka tidak akan berhasil karena quota-nya sudah habis. (YBI)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

 

 

Comments

comments