03

3 Sumber Terbesar Pertikaian Antar-Tetangga

Setiap ada interaksi antar-manusia, di situ pulalah konflik mengintai. Hal tersebut adalah alamiah dan manusiawi. Jadi konflik dengan tetangga seharusnya memang terjadi. Justru bila tak ada konflik sama sekali, dicurigai tidak ada interaksi atau komunikasi di kompleks atau wilayah tersebut.

Hal tersebut terbukti oleh sebuah riset yang dilakukan di Universitas Diponegoro, Solo. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa konflik paling rentan terjadi pada pada kawasan yang lebih banyak terjalin komunikasi, seperti di wilayah padat penduduk.

Baca juga: Sepele Bagi Anda, Masalah Buat Tetangga

Uniknya, justru penyelesaian tidak tuntas secara signifikan karena tersumbatnya aliran komunikasi antara pihak-pihak yang bertikai. Akibatnya masalah bukannya padam tapi malah makin berkembang.

Fenomena tersebut tidak hanya terjadi pada kawasan perumahan yang berdempetan. Kawasan menengah pun bisa mengalami masalah serupa. Conflict Resolution Service menyebutkan, ada tiga sumber terbesar penyebab konflik antar-tetangga:

  1. Masalah yang berkaitan dengan fasilitas umum

Jalan kompleks yang berubah fungsi menjadi tempat parkir adalah salah satu contohnya. Masalah perparkiran di jalan umum adalah masalah klasik yang hampir ditemui di sebagian RT/RW. Selain itu adalah masalah penggunaan taman kompleks.

  1. Masalah seputar pagar rumah, tanaman, dan hewan peliharaan

Seperti beberapa waktu lalu ramai berita di media sosial di mana tetangga menumpang menjemur di pagar tetangganya. Atau hewan peliharaan yang buang kotoran di halaman tetangga. Contoh lain, tanaman tetangga yang terlalu rimbun sehingga daunnya yang rontok menutupi saluran air di dak atas tetangga.

Baca juga: Ulah Tetangga Yang Bisa Diperkarakan Ke Ranah Hukum

  1. Masalah gaya hidup

Misalnya, tetangga yang senang mengadakan pesta atau kumpul-kumpul dengan teman di rumahnya hingga larut malam dengan suara berisik. Atau tetangga yang tanpa basa-basi sering datang ke rumah tetangga dan meminjam sesuatu. Bisa juga gaya hidup jorok tetangga yang membuat risi tetangga kiri kanannya. (YBI)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments