28

Perhatikan Ini, Bila Ada Orang Mengaku Polisi Ingin Geledah Rumah

Rumah seorang warga di klaster Maleo, sektor 9, Bintaro, sempat didatangi dua mobil polisi dan berniat masuk ke rumah warga tersebut dengan alasan sedang mencari target orang. Peristiwa yang terjadi pada Kamis (21/10) sekitar pukul 22.15 sempat membuat tegang penghuni rumah.

Meski kedatangan sekitar tujuh “polisi” tersebut diantar oleh satpam setempat, penghuni tidak serta merta mengizinkan para “polisi” tersebut masuk. Karena tak diperbolehkan masuk, orang-orang tersebut meminta penghuni menunjukkan KTP dan kartu keluarga. Alasannya untuk memastikan bila target orang tersebut benar tidak ada di rumah.

Penghuni pun menolak karena dokumen pribadi tersebut sangat penting. Akhirnya penghuni menelepon Ketua RT setempat. Orang-orang tersebut akhirnya berhasil melihat KTP dan kartu keluarga penghuni melalui Ketua RT. Lalu mereka pun meninggalkan rumah.

Baca juga:Kriteria Sosok Ketua RT Idaman

Terlepas dari benar atau tidaknya orang-orang tersebut adalah “polisi”, penghuni rumah memang harus waspada ketika mengalami hal yang sama. Warga atau setidaknya Ketua RT/RW sebaiknya mengerti hukum atau tata cara penggeledahan rumah. Sehingga sebelum aparat penegak hukum memasuki rumah warga, bisa dicek sebelumnya.

Ada surat izin dari pengadilan negeri setempat

Penggeledahan rumah harus diketahui oleh Ketua Pengadilan Negeri serta didampingi oleh penyidik. Kecuali dalam keadaan yang sangat mendesak. Namun tetap harus ada perintah tertulis dari penyidik. Bila tidak ada surat izin, penghuni berhak menolak.

Sebaiknya hal tersebut sudah diminta oleh petugas keamanan setempat sebelum membolehkan orang/polisi masuk ke kompleks perumahan. Tidak cukup dengan melihat lencana atau senjata yang dibawa oleh orang/polisi tersebut.

Harus disaksikan oleh dua saksi, bila penghuni menyetujuinya

Bila surat izin memang sudah ada, aparat penegak hukum memang berhak memasuki rumah tersebut. Namun tetap harus ada dua saksi yang menemani saat aparat menggeledah rumah. Hal ini untuk mencegah penghuni rumah menyangkal. Selain itu juga untuk mencegah jangan sampai ada barang-barang milik penghuni rumah yang digeledah hilang.

Harus disaksikan oleh kepala desa atau ketua lingkungan (RT/RW) dengan dua orang saksi, bila penghuni menolak atau tidak hadir

Tentu ini setelah ada surat izin dari pengadilan setempat. Alasannya sama dengan poin dua di atas.

Harus dibuat berita acara

Berita acara tersebut harus dibuat dalam waktu dua hari setelah penggeledahan dan disampaikan kepada pemilik atau penghuni rumah yang bersangkutan. (YBI)

 

Foto ilustrasi:

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

 

Comments

comments