13

Bawa Anjing Jalan-jalan di Sekitar Kompleks Ada Etikanya

Memiliki hewan peliharaan, seperti anjing, butuh tanggung jawab yang besar. Bukan hanya sekadar memberi makan dan kandang yang nyaman. Kesehatan fisik dan mentalnya pun harus diperhatikan. Anjing pun perlu diajak jalan-jalan ke luar rumah secara rutin.

Ada banyak manfaat dari mengajak anjing rutin berjalan-jalan. Pertama, tentu untuk kesehatan fisiknya. Seperti juga manusia, anjing pun perlu berolahraga untuk melatih otot-ototnya.

Rutin jalan-jalan juga menghindarkan anjing dari stres, terutama untuk jenis anjing yang aktif, seperti Australian Sheperd, Labrador Retriever, Golden, Retriever, dan lain-lain. Terkungkung terus di dalam rumah atau halaman bisa memengaruhi kesehatan mental anjing.

Baca juga: 5 Ras Anjing Agresif yang Bisa Berbahaya Bila Tak Dilatih dengan Benar

Dengan segudang manfaat tersebut, pemilik memang harus rajin mengajak anjing peliharaan jalan-jalan setidaknya 2-3 kali seminggu. Cukup keliling kompleks. Tetapi ada aturan tak tertulis yang harus dipatuhi para pemilik anjing.

Karena bila etika ini dilanggar, bisa mengganggu warga sekitar. Pada beberapa kasus, terjadi pertengkaran beberapa warga dengan pemilik anjing karena kegiatan membawa jalan-jalan hewan peliharaan tersebut malah mengganggu kenyamanan warga lain. Tak enak, kan, bila hubungan dengan tetangga sekitar jadi tidak harmonis karena kita kurang mengerti etika dalam membawa anjing jalan-jalan.

Pastikan anjing dalam keadaan sehat

 

Salah satu yang harus dipastikan adalah anjing sudah divaksin, minimal vaksin rabies. Vaksin juga bisa melindungi anjing dari virus-virus yang ada di tempat umum. Jangan mengajak anjing jalan-jalan bila ia sedang tidak enak badan atau mengalami masalah kesehatan.

Anjing bisa dikendalikan

Ketika berada di tempat umum, segala sesuatu bisa terjadi. Hal-hal yang tidak nyaman bisa memicu anjing untuk agresif, misalnya bertemu dengan anjing lain, atau bertemu binatang lain. Karena itu, pemilik atau orang yang mengajaknya jalan harus mampu mengendalikan anjing sepenuhnya. Anjing yang menggonggong sepanjang perjalanan bisa membuat warga lain yang sedang berjalan menjadi tidak nyaman.

Baca juga: Merawat Binatang Peliharaan Agar Terhindar Dari Virus Corona

Gunakan tali penuntun

Jangan melepas anjing di jalan sekalipun Anda merasa anjing Anda sangat terlatih. Bisa jadi Anda berpapasan dengan orang yang takut anjing. Atau anjing Anda mengejar atau mengikuti hewan lain yang berada di jalan. Hal ini juga untuk keamanan anjing Anda ketika ada kendaraan yang lewat.

Bawa alat untuk membersihkan kotoran

Beberapa komplek perumahan memasang rambu yang memperingatkan pemilik anjing untuk mengangkat kotoran hewan peliharaannya. Sekalipun di komplek perumahan Anda tak ada rambu tersebut, Anda wajib membersihkan kotoran dari anjing peliharaan Anda. Siapkan tisu, plastik, kertas bekas, atau semprotan disinfektan. Langsung angkat kotoran anjing, jangan sampai berceceran di jalan. Kotoran anjing sangat mengganggu kebersihan lingkungan.

Baca juga: Agar Binatang Liar Enggan Bertamu ke Rumah

Bawa camilan

Bukan untuk Anda, tapi untuk anjing peliharaan Anda. Anjing yang lapar akan merasa gelisah dan cenderung mengganggu orang atau hewan lain. Dengan menjaga perutnya tetap kenyang, Anda bisa membuat si doggy lebih tenang. (YBI)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

 

 

Comments

comments