28-2

Perhatikan Etika Menggunakan Jalan Kompleks untuk Acara

Pemerintah telah mengizinkan penyelenggaraan acara berskala besar, mulai dari pernikahan, festival, hingga konser musik. Jamak terjadi, penyelenggaraan acara seperti hajatan pernikahan atau sunatan dengan mengundang banyak tamu dilakukan di rumah. Memasang tenda hingga ke badan jalan.

Meski memang ada peraturan yang memperbolehkan penggunaan jalan untuk kepentingan pribadi, namun tetap ada etika dan aturan yang diperhatikan dan ditaati. Perlu diingat pula, jalan yang bisa digunakan untuk kepentingan pribadi hanya jalan kabupaten, jalan kota, dan jalan desa.

Baca juga: Merajut Harmoni Dengan Sekuriti Perumahan

Tetapi meski telah ada aturannya, penggunaan jalan publik untuk kepentingan pribadi, walaupun hanya jalan kompleks bisa membuat hubungan antar-tetangga dan warga sekitar jadi tegang. Apalagi kalau bukan karena penutupan tersebut mengganggu akses keluar masuk warga.

Supaya kehidupan bertetangga tidak jadi runyam karena pesta atau hajatan sesaat, kenali etika dan aturannya.

Urus izin

Ini yang paling penting. Jangan berani menggunakan jalan publik bila belum mendapat izin. Bisa runyam urusannya. Acara gagal, hubungan dengan warga berantakan. Selain tentu saja izin ke Ketua RT/RW setempat, juga harus mengajukan izin ke kepolisian.

Bila jalan tersebut hanya jalan kelurahan atau desa atau perumahan, bisa mengajukan izin ke Polsek setempat. Namun bila menggunakan jalan kota atau kabupaten harus meminta izin ke Polres. Permohonan izin paling lambat tujuh hari kerja sebelum acara. Kecuali penutupan karena adanya kematian.

Mencari jalan alternatif

Sebelum meminta izin, pastikan ada jalan alternatif bagi warga sekitar untuk keluar masuk daerah tersebut. Pastikan juga kendaraan apa saja yang bisa menggunakan jalan alternatif tersebut, hanya sepeda motorkah atau bisa dilalui mobil dan bus. Lalu siapkan rambu-rambu agar warga lain mengetahui adanya jalan alternatif.

Baca juga: Merajut Harmoni Dengan Sekuriti Perumahan

Sampaikan langsung ke warga

Minimal ke tetangga-tetangga sekitar rumah Anda yang aksesnya terganggu. Hubungi langsung atau umumkan di grup percakapan RT, alasan Anda akan menutup jalan, berapa kira-kira orang yang akan datang, waktu penutupan, berapa lama, beserta jalan alternatifnya. Sekaligus undang mereka ke acara Anda.

Pengawasan

Sediakan orang untuk membantu pengawasan penutupan jalan saat hari acara, termasuk memberi tahu jalan alternatif bila ada pihak luar atau tamu yang akan menuju ke lingkungan sekitar. Rambu-rambu saja tidak cukup untuk memandu orang luar.

Sediakan tempat parkir

Carilah lahan kosong tak jauh dari tempat acara yang bisa dijadikan tempat parkir, koordinasikan dengan petugas keamanan dan mintalah izin ke pemilik lahan. Penyediaan tempat parkir ini krusial, karena bisa menjadi sumber perselisihan dengan tetangga-tetangga yang tak rela bila depan rumahnya dijadikan tempat parkir.

Baca juga: Etika Parkir Mobil di Kompleks Perumahan

Ucapan terima kasih

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada tetangga-tetangga terdekat dan seluruh warga setelah selesai acara. Lebih baik lagi bila Anda menyertakan buah tangan atau suvenir untuk tetangga-tetangga di sekitar rumah Anda. (YBI)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments