15-2

Tidak Punya Kedaluwarsa Tapi Tetap Penting Batas Lamanya

Tidak semua produk yang kita gunakan sehari-hari punya tanggal kedaluwarsa. Tapi meski demikian, ada baiknya tetap memperhatikan batas aman penggunaan. Demi menjamin keamanan produk itu sendiri terhadap kesehatan diri dan keluarga.

Hal ini dikarenakan kondisi fisik barang tersebut dari luar tidak berubah. Tetap utuh seperti pertama kali membeli. Padahal bila diperhatikan lebih lanjut, juga dipengaruhi oleh cara penyimpan serta pengemasan, sedikit banyak dapat memberikan perubahan pada produk itu. Terutama ketika sudah terkontaminasi oleh debu, kuman, dan bakteri yang tidak mudah dilihat mata.

Baca juga: Tanaman Untuk Mengusir Binatang Yang Mengganggu

Tidak seperti produk konsumsi makanan, minuman, kosmetik, obat-obatan, yang mana dalam kemasan sudah tertera tanggal kedaluwarsa. Lebih memudahkan dalam mengetahui tanggal terakhir konsumsi. Jadi, cek lagi barang-barang di rumah yang tidak punya kedaluwarsa tapi masih layak atau tidak.

Pembalut dan popok

Pembalut dan teman-temannya, seperti tampon dan cangkir menstruasi, serta popok bayi maupun untuk manula hingga kini tidak semua menyebutkan tanggal terakhir pemakaian di bungkusnya. Namun yang menyebutkan, rata-rata 5 tahun dari tanggal produksi. Sehingga bila yang tersedia di rumah tidak ada informasi sama sekali, ingat-ingat lagi kapan membelinya. Rentang waktu 2 sampai 3 tahun kiranya masih aman untuk digunakan.

Sabun batang

Sabun batang untuk mandi atau keperluan lain juga tidak punya tanggal kedaluwarsa. Bisa digunakan kapan saja. Tapi demi keamanan kulit, teliti lagi kondisi fisik sabun yang ada. Sabun batang yang sudah tidak layak pakai akan terlihat kering, retak-retak, warna memudar, dan wangi tak tercium.

Baca juga: Cara Sederhana Menyingkirkan Bau Cat

Golongan deterjen

Ada lagi barang konsumsi yang tidak punya kedaluwarsa. Yakni golongan deterjen. Mulai dari deterjen untuk pakaian, cuci piring, sabun cuci tangan, sampo, kondisioner, cairan pel lantai, cairan pembersih mandi, dan sejenisnya. Sangat disarankan memakai mereka tidak lebih dari dua tahun sejak diproduksi. Karena sangat mungkin, lebih dari masa itu, dapat membuat kulit alergi atau rambut jadi rusak.

Tusuk gigi dan cotton bud 

Selain itu ada juga tusuk gigi dan cotton bud. Alat bantu bersih-bersih gigi dan telinga ini tidak layak digunakan saat menunjukkan kondisi tertentu. Misalnya terlihat kusam atau kehitaman, tumbuh jamur, tercium bau yang cukup kuat, telah bercampur debu atau zat lain, kemasannya terbuka.

Semprotan serangga

Nah, hati-hati jika di rumah masih menyimpan cairan pembasmi serangga yang sudah lama tak terpakai. Walau tidak punya kedaluwarsa, setelah tiga tahun mereka mulai tidak efektif digunakan. Juga menimbulkan dampak negatif bila sampai terkena kulit, terhirup, apalagi tertelan.  

Cat tembok

Begitu pula dengan cat tembok. Kriterianya sudah terbuka atau belum. Jika sudah dan lebih dari dua tahun, lebih baik buang saja. Lantaran bila masih dipakai juga akan rentan menyebabkan sick building syndrome.

Baca juga: Cara Diet Plastik Dari Rumah

Perangkat dari plastik

Dan yang tak kalah pentingnya adalah perangkat dari plastik. Terlebih untuk makan dan minum setiap hari. Sekalipun bisa digunakan selamanya, tapi jika sudah terkena panas, goresan, atau penggunaan terlalu lama, hasilnya juga tidak bagus untuk tubuh si pemakai. (LAF) 

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments