12-1

Waspada, Ini Ciri-ciri Rumah yang Dijadikan Pabrik Narkoba

Beberapa kali polisi menemukan pembuatan narkoba di rumah dan apartemen. Memang saat ini sejumlah pembuat dan pengedar narkoba menjadikan kawasan pemukiman sebagai sentra peredaran dan peracik obat terlarang.

Sebut saja yang baru saja terungkap adalah pembuatan tembakau sintetis di sebuah apartemen di Tangerang Selatan. Lalu beberapa minggu sebelumnya terungkap pabrik sabu jaringan Timur Tengah di kawasan perumahan di Kelapa Dua, Tangerang.

Suasana pemukiman yang mulai individual dengan fasilitas keamanan yang memadai mungkin jadi salah satu pertimbangan para gembong obat terlarang menjadikan komplek perumahan sebagai ‘kantor’ mereka.

Baca juga: Merajut Harmoni Dengan Warga Sekitar Kompleks

Menyikapi fenomena tersebut, warga dan pengurus lingkungan harus ekstra waspada. Selain mencemari nama baik lingkungan, keberadaan para pengedar narkoba berbahaya bagi warga setempat. Terutama para generasi muda.

Kenali tanda-tanda yang mencurigakan. Namun ingat, sebaiknya bila dugaan cukup kuat, segera lapor ke pihak berwajib. Jangan melakukan tindakan yang malah bisa membahayakan diri sendiri.

Rumah sepi dan pagar selalu tertutup rapat

Memang ini bukan ciri yang spesifik. Banyak rumah yang seperti ini di lingkungan sekitar. Terlebih bila di kompleks perumahan mewah. Namun meski sepi, rumah normal pada umumnya selalu ada pergerakan yang rutin, misalnya setiap pagi ada orang yang keluar untuk beraktivitas atau anak yang pergi sekolah. Waspada bila rumah tersebut baru disewa, sepi, tidak ada rutinitas penghuni, dan bukan hanya pagar, seluruh jendela juga tertutup rapat.

Baca juga: Pagar, si Pemberi Kesan Pertama

Tercium bau yang kuat

Bau tersebut bisa keluar saat terjadi peracikan bahan-bahan kimia. Atau dari bahan-bahan itu sendiri. Seperti yang terjadi pada rumah yang dijadikan tempat pembuatan sabu di Karawaci, Tangerang. Tetangga yang tinggal di dekat rumah tersebut kerap mencium bau yang kuat dari rumah tersebut.

Aktivitas yang janggal

Misalnya tamu yang datang di waktu-waktu yang tak biasa, seperti malam hari ketika waktunya tidur. Lalu banyak mobil yang berhenti di daerah rumah tersebut, tetapi hanya sebentar dan langsung pergi. Atau banyak orang berjalan kaki masuk dan keluar dari rumah tersebut.

Bila menemukan hal seperti itu, sebaiknya segera catat plat nomor kendaaraan yang kerap mengunjungi dan ciri-ciri orang-orang yang kerap datang dan pergi.

Baca juga: Ulah Tetangga Yang Bisa Diperkarakan Ke Ranah Hukum

Menemukan perlengkapan obat-obatan

Bisa jadi suatu saat terjadi kecerobohan dan mereka membuang sampah-sampah obat atau peralatan di lingkungan rumah, misalnya jarum suntik dan pipa. Bila melihat barang-barang tersebut, segera catat tempat ditemukan, jenis perlengkapan obat, tanggal dan jam saat ditemukan. Catatan tersebut bisa menjadi informasi berguna bagi pihak berwajib. (YBI)

 

Foto ilustrasi: Pexels, Freepik

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments