04

Ini yang Perlu Dilakukan Warga Baru Agar Cepat Diterima Masyarakat

Pindah rumah adalah hal biasa. Banyak penyebab orang harus pindah rumah, seperti karena pernikahan, pindah tugas ke luar kota, atau memang ingin mencari rumah yang sesuai dengan kebutuhan saat ini.

Pindah rumah tak selalu berarti pindah daerah. Bahkan di Bintaro banyak warga yang pindah ke rumah lain yang masih ada di area Bintaro dan sekitarnya. Enggan keluar dari wilayah yang sudah memiliki fasilitas lengkap, tapi ingin rumah yang lebih layak.

Baca juga: Merajut Harmoni Dengan Warga Sekitar Kompleks

Apapun alasannya, meski hanya pindah ke lokasi yang tidak jauh dari rumah sebelumnya, ketika memasuki wilayah baru ada etika dan aturan yang harus dipatuhi. Tujuannya tak lain agar kehidupan bertetangga lebih harmonis dan nyaman. Toh akhirnya Anda sendiri yang menuai untung bila kehidupan di lingkungan tersebut guyub.

Memperkenalkan diri ke Ketua RT/RW

Ini wajib hukumnya. Selain untuk silaturahmi juga untuk keperluan catatan kependudukan. Bawa KTP atau fotokopi KTP suami dan istri serta Kartu Keluarga. Terangkan berapa jumlah keluarga yang tinggal di rumah. Termasuk bila ada supir atau asisten rumah tangga yang menginap. Selain itu minta info kebiasaan warga di lingkungan tersebut selama ini.

Masuk ke grup pesan singkat RT/RW

Dengan masuk ke grup pesan singkat, Anda bisa berkenalan dengan hampir seluruh warga di lingkungan tempat tinggal tanpa harus mengetuk pintu dari satu rumah ke rumah lain. Di samping bisa berkenalan dengan banyak tetangga, Anda juga bisa selalu update informasi-informasi penting yang berkaitan dengan lingkungan tempat tinggal.

Baca juga: Mengapa Banyak Yang Menolak Jadi Ketua RT?

Menyapa petugas keamanan

Meski mereka bukan warga di kompleks Anda, namun para sekuriti memiliki peran sangat penting. Terlebih bila di kompleks Anda menerapkan sistem buka tutup portal. Bila perlu, minta nomor kontak komandan sekuriti. Dengan begitu bila ada kejadian mendesak, Anda bisa langsung mengontaknya.

Belanja ke warung atau tukang sayur di sekitar atau dekat kompleks

Ini salah satu cara untuk mengenal warga lain. Komunikasi ketika sedang berbelanja menjadi lebih kasual dan akrab. Obrolan-obrolan ringan tersebut bisa berisi informasi tentang lingkungan yang cukup penting. Selain itu Anda bisa mengenal tukang sayur atau pemilik warung sehingga kebutuhan pangan keluarga cukup terpenuhi.

Berolahraga di sekitar kompleks

Jalan pagi atau bersepeda sore keliling kompleks adalah cara ampuh untuk lebih mengenal lingkungan Anda. Sesekali sapa tetangga yang berpapasan atau berkegiatan di sekitar halaman rumah. Dengan sering bertemu muka walau hanya sebentar, lama kelamaan Anda akan cukup dikenal dan diingat oleh mereka.

Baca juga: Ragam Olahraga Ringan Selama Masa Karantina

Ikuti kegiatan warga

Jangan ragu untuk ikut kegiatan di lingkungan rumah Anda. Meski hanya menyetorkan sampah saat kegiatan bank sampah. Atau bergabung dengan arisan RT. Tak perlu jadi pengurus, jadi anggota yang aktif pun sudah membuat Anda menjadi warga yang baik. (YBI)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments