29

Tugas Penting Dari Ketua RW

Sama-sama menduduki jabatan, tapi seolah perannya tenggelam. Itulah yang sering dialami oleh para ketua rukun warga (RW) dibanding posisi ketua rukun tetangga (RT). Padahal ketua RW juga punya tugas dan kewajiban yang tidak kalah urgennya.

Hal ini bisa dikarenakan oleh banyak sebab. Salah satunya relasi ketua RW dengan masyarakat yang lebih minim. Sementara ketua RT lebih banyak berinteraksi dan sering menjadi tujuan ketika ada perkara. Lebih terhubung langsung. Di sisi lain, untuk berhubungan dengan ketua RW membutuhkan perantara terlebih dulu. Atau hanya perkara-perkara khusus. Alhasil yang terdengar punya tugas hanya ketua RT saja. Sebaliknya tugas-tugas dari ketua RW menjadi kabur.

Baca juga: Kriteria Sosok Ketua RT Idaman

Sehingga tak ada salahnya mengenali kembali apa saja yang menjadi pokok-pokok kewajiban dari seorang ketua RW. Bukan hanya untuk lebih dekat, tapi juga lebih memberikan pemahaman yang luas. Akan kehidupan sosial di lingkungan tempat tinggal, akan siapa saja yang punya kewenangan.

Koordinator

Tugas utama, dan yang bisa dianggap paling mencolok, adalah sebagai koordinator. Terutama mengkoordinasi ketua-ketua RT yang berada di bawah posisinya. Dalam hal ini, selain memastikan semua ketua RT melaksanakan tugasnya dengan optimal, juga bertugas mendelegasikan keputusan-keputusan bila ada. Mengingat ketua RT nantinya yang akan lebih banyak bekerja di lapangan. Akan tetapi, ketua RW tetap ikut bertanggung jawab terhadap proses serta hasilnya.

Baca juga: Cara Agar Bos Baru Sukses Memimpin

Selain itu, menjadi koordinator dengan masyarakat atau pihak-pihak luar terkait isu-isu yang berkorelasi langsung dengan wilayahnya. Mengingat ketua RW juga berkewajiban menjamin keharmonisan dan kerukunan. Maka tugas sebagai koordinator mesti dijalankan dengan sebaik-baiknya agar semuanya terkontrol, terawasi, dan berjalan sebagaimana yang dikehendaki.

Jembatan penghubung

Di samping itu ketua RW juga bertugas sebagai jembatan penghubung. Khususnya mengenalkan program-program yang telah dicanangkan pemerintah (baik pusat maupun daerah) pada masyakarat. Walau kadang tugas ini dilaksanakan dengan cara memberikan arahan terlebih dulu pada para ketua RT. Tapi hasil akhirnya tetap harus memberikan dampak yang nyata pada masyarakat itu sendiri. Terutama mengenai kejelasan informasi, mendata data yang valid, dan sebagainya.

Tidak menutup kemungkinan ketua RW terjun langsung menjelaskan pada khalayak ramai. Apalagi bila di situasi tertentu, ketua RT sedang disibukkan dengan banyak program, sedangkan agenda kegiatan tidak bisa ditunda. Sekiranya langkah yang lebih bijak mengingat ketua RW dapat memantau langsung bagaimana kondisi di masyarakat secara langsung.

Baca juga: Menyelesaikan Konflik Tanpa Ribet

Membantu menyelesaikan masalah

Ketua RW juga punya tugas membantu menyelesaikan masalah. Dari mulai mengantisipasi perkara-perkara yang diprediksi bakal muncul, dengan mencegahnya lewat program tertentu. Hingga menjadi kewajibannya mengentaskan masalah yang sedang terjadi agar tidak terulang lagi. Tak ketinggalan secepatnya memikirkan jalan keluar yang efektif untuk menghentikan masalah yang sudah lama terendap.

Karena dalam menjalankan tugas yang satu ini, ketua RW perlu memperhatikan lagi posisi di tugas-tugas sebelumnya. Tidak bekerja sendiri. Melainkan mampu merekrut serta mengajak semua pengurus dan warga untuk turut berkontribusi. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments