23

Deretan Brand Lokal Yang Sukses Mendunia

Sering dikira hanya sebagai negara pembeli barang-barang dari luar, ternyata Indonesia juga bisa berjaya di luar negeri lewat produksinya sendiri. Berkualitas tinggi dan digemari.

Hal ini tidak terlepas dari jerih payah para anak bangsa yang mau berusaha. Menjaga mutu, profesionalitas, serta jeli melihat peluang. Di samping didukung oleh teknik pemasaran yang ulung.

BMX Thrill

Salah satu yang membuat bangga adalah BMX Thrill yang dipakai oleh pembalap dunia Vinetta Petersone asal Latvia dan Axelle Etienne asal Perancis pada Olimpiade di Tokyo lalu. Sepeda tersebut dibuat oleh PT Indonesia Bike Works yang berlokasi di Gresik, Jawa Timur. Yang lebih membanggakan lagi, sepeda balap tersebut juga pernah ditandingkan pada Olimpiade 2016 di Brasil juga berbagai turnamen internasional oleh atlet-atlet papan atas.

Baca juga: Brand Produk Yang Melegenda Di Indonesia

Sagara Boots

Lalu ada sepatu dengan merk Sagara Boots. Buatan Bandung yang diiniasi oleh Bagus Satrio. Menggunakan bahan dasar kulit premium, seluruhnya dikerjakan dengan metode handmade, memakai jasa tenaga lokal. Rata-rata dijual mulai dengan harga 1,8 juta. Sagara Boots saat ini sudah menjajah Jepang, Perancis, Italia, dan beberapa negara lain.

GT Radial

Ban dengan merk GT Radial sering disangka produk luar negeri. Padahal asli buatan dalam negeri tapi sudah mampu menjangkau sedikitnya delapan negara dengan cabang lebih dari 100 di seluruh dunia. Bahkan ban lokal ini pernah dinobatkan oleh General Motor sebagai pemasok ban terbesar di dunia dengan kualitas yang amat baik/

Peter Says Denim (PSD)

Produk lainnya adalah kaos oblong Peter Says Denim (PSD). Uniknya, sebelum dikenalkan di negeri sendiri, PSD lebih dulu dipasarkan di negara lain. Pernah pula menggandeng band-band indie internasional sehingga kian menambah kepopulerannya. Saat ini, PSD sudah merambah Amerika Serikat, Kanada, hingga dataran Eropa.

Baca juga: Kopi Asal Indonesia Yang Idola Dunia

Dua Coffee

Kabar gembira juga datang dari Dua Coffee. Berawal dari Cipete, lalu membuka cabang di beberapa titik lain, tak diduga sekarang sudah punya cabang di Washington DC, New York, dan kabarnya akan membuka cabang di kota-kota lain di negeri Paman Sam tersebut. Di samping kopinya yang enak, brand Dua Coffee beberapa waktu lalu semakin terdongkrak gara-gara dikunjungi oleh suami Wakil Presiden US Kamal Haris.

Kebab Baba Rafi

Indonesia bukan asal kebab, tapi mampu membuat kebab buatannya laris manis di luar negeri. Ya, itulah hasil kerja keras Kebab Baba Rafi. Mulai dari Malaysia, Filipina, China, Brunei, Belanda, India, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Anak Muda Indonesia Dengan Prestasi Mendunia

Mentari Massen Toys Indonesia

Banyak yang belum tahu jika ada pabrik mainan di Jombang, Jawa Timur yang memasok mainan untuk anak-anak Eropa dan negara lain. Tepatnya dibuat oleh PT Mentari Massen Toys Indonesia. Mayoritas menggunakan bahan kayu, tidak berbaterai atau membutuhkan listrik, dan setiap tahun selalu mengikuti pameran mainan anak-anak sedunia di Jerman. Disebut-sebut kapal kayu Nabi Nuh selalu menjadi mainan favorit yang selalu diburu. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments