28-2

Investasi Nyeleneh Tapi Sangat Menguntungkan

Membahas tentang investasi seringkali langsung mengarah pada saham, reksadana, dan sejenisnya. Padahal ternyata ada jenis-jenis lain, yang bisa dikatakan, nyeleneh. Apa saja contohnya?

Biasanya jenis investasi nyeleneh berhubungan dengan hobi mengoleksi. Sengaja mengumpulkan benda-benda yang disukai lalu nantinya menjualnya kembali. Ada selisih besar yang dapat dinikmati dari harga awal, juga ada pangsa pasarnya khusus yang siap menampung. Tinggal menunggu waktu yang pas saja, supaya barang yang ditawarkan punya nilai tinggi. Terlebih bila sudah langka di pasaran.

Tas mewah

Misalnya saja tas mewah. Ada banyak keuntungan memilikinya. Dari urusan gengsi, hingga nanti masih layak untuk dijual lagi. Apalagi tas merupakan edisi terbatas dan pernah digunakan tokoh publik atau para selebriti. Dijamin kapan saja siap dilepas bakal jadi barang rebutan.

Sneakers

Ternyata punya banyak sneakers yang jarang terpakai bukan lantas sia-sia. Sneakers bagi para penggemarnya adalah jenis sepatu yang cocok di segala zaman. Untuk keluaran tertentu, harga jual bisa mencapai 60 kali lipat. Seperti Nike SB Dunk Low Reese Forbes Denims, tahun 2002 dibanderol 65 dollar AS tapi sekarang sudah mencapai 4000 dollar AS. Nilai fantastis kabarnya juga pernah dipegang beberapa jenis sneakers lain. Luar biasa bukan?

Baca juga: 3 Jurus Jitu Membuat Hobi Jadi Investasi

Action figure

Tak dinyana pula jika dari koleksi action figure bisa jadi langkah investasi. Tokoh-tokoh superhero, kartun anime, dan sebagainya. Tidak sedikit yang ditawarkan hingga puluhan juta. Sangat tergantung dari kondisi barang, ketenaran tokoh, jumlah yang masih bertahan, juga lihai tidaknya pemilik memainkan harga.

Komik

Jangan ragu membanderol komik lawas Anda dengan harga tinggi. Banyak peminat di luar sana yang tergiur membeli. Terutama saat serial komik lengkap tidak bercacat.

Piringan hitam

Meraup laba dari piringan hitam ternyata hingga kini masih banyak dilakoni. Tumpukan piringan hitam plus alat pemutar berisi lagu-lagu siap mengajak bernostalgia. Barang lama tapi tidak untuk harganya. Kabarnya ada yang dijual hingga belasan juta dan tetap laku.

Kaset

Bagi generasi 90-an dan sebelumnya, kaset jadi sumber hiburan tak tergantikan. Kesempatan bagi para pelapak memamerkan koleksi kaset dari berbagai aliran musisi. Dulu yang terbilang murah, sekarang tidak lagi. Mengingat sudah jarang diproduksi tapi bentuknya tetap dinikmati.

Benda antik

Macam-macam benda antik sejak dulu memang sudah jadi investasi unik. Sekilas terlihat ketinggalan zaman, tapi ia punya nilai jual tak terkira. Sebut saja mobil antik dengan setir kiri, lukisan tahun baheula, meja kursi dari jati dengan ukiran tradisional, sepeda onthel, atau lainnya.

Baca juga: Pilihan Investasi Yang Tidak Terduga

Anggur

Lalu minuman anggur. Yang mana makin lama tahun pembuatan makin mahal harga yang ditawarkan. Meski di sini masih terbilang jarang, namun bagi orang luar yang terbiasa meminumnya, wine adalah investasi menarik.

Foto cetak

Selain itu foto cetak yang menunjukkan tempat-tempat menarik dulu kala. Umumnya dibeli untuk kebutuhan penelusuran sejarah atau semacamnya. Layak dijual mahal, apalagi bila foto masih dalam kondisi bagus.

Baca juga: Keuntungan Investasi Mata Uang Asing

Uang

Koleksi uang kertas dan uang koin bisa dijadikan investasi. Nilainya sedikit banyak tergantung dari fisik uang, peristiwa yang menyertai hadirnya uang, sampai gambar yang mungkin punya histori tersendiri. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments