30-1

Klinik Laktasi, Bantu Ibu Lebih Bahagia Menyusui

Klinik laktasi di RS Premier Bintaro telah memiliki dokter laktasi. Sejak 2019, dr. Indri Advani memberi bimbingan pada para ibu agar bisa menyusui dengan baik. “Saat ini masih banyak ibu-ibu muda, atau ibu yang baru memiliki anak pertama belum tahu bagaimana menyusui dengan benar dan mengapa perlu memberi asi sedini mungkin,” ujar dr. Indri.

Saat seorang wanita menikah kemudian hamil, seyogianya sedari awal sudah mempelajari tahapan menjadi seorang ibu. “Banyak membaca, atau bertanya pada tempat yang benar. Agar tahu apa saja yang harus dipersiapkan. Sehingga bisa menyusui dengan bahagia dan anak pun tumbuh sehat,” saran dr. Indri.

Kenali Masalah

Semua wanita kodratnya mampu menyusui, karena memiliki kelenjar susu. Kelenjar ini aktif bila dihisap oleh bayi. “Karena itu perlu rangsangan sejak dini, atau inisiasi menyusui dini (IMD). Menempelnya kulit bayi dengan ibu, akan merangsang hormon agar asi cepat keluar,” jelas dr. Indri.

Namun diakuinya, ada beberapa masalah pada puting yang bisa menyebabkan seorang ibu mengalami kesulitan dalam pemberian asi. Salah satu contohnya adalah puting yang masuk ke dalam, baik satu atau dua-duanya. “Bila keadaan ini telah diketahui sejak hamil, maka bisa diberikan terapi agar ketika menyusui, ibu tidak lagi kesulitan,” terang dr. Indri.

Kelainan pada puting ini bisa dikenali saat memasuki kehamilan tiga bulan. Masalah lain yang kerap terjadi adalah puting yang terbelah. Hal inipun dapat diatasi bila diketahui sejak awal.

Masalah yang dibiarkan akan membuat bayi menolak untuk menyusui. Akibatnya bayi rewel dan ibu pun menjadi stres. Keadaan malah bisa membuat produksi asi berhenti.

“Kalau stres asi akan berkurang karena semua diatur oleh otak. Jadi semua berkesinambungan. Menyusui ibarat kita relaks, tak boleh ada kata sakit, terbebani, atau tertekan. Dan kita harus bicara dengan bayi ketika menyusui. Anak akan mengerti. Jangan bermain gadget ketika menyusui,” tegas dr. Indri. (ADV)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments