27-2

Lanjut Kuliah Atau Cari Kerja Saat Pandemi?

Lulusan kampus tampaknya kini harus menghadapi tantangan yang cukup berat. Dihadapkan oleh beberapa situasi sulit saat pandemi yang tidak mudah dipilih. Seperti ingin kuliah lagi atau langsung cari kerja saja.

Sayangnya kedua opsi tersebut juga tidak mudah dilakukan. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Dua opsi yang perlu disesuaikan dengan kondisi diri sendiri. Sebab jelas alumni, yang kini diplesetkan alumni era pandemi, mengalami situasi yang berbeda jauh dengan lulusan tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga: Kapan Perlu Ambil Kuliah S2?

Ekonomi sedang merosot tajam, yang mana membuat para pengusaha urung merekrut pekerja baru. Tandanya para sarjana harus siap menerima kenyataan andai harus menganggur lama. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah iklan lowongan kerja sudah merosot hingga 75% pada April 2020. Sementara bila memilih untuk kuliah lagi, ke jenjang master misalnya, juga bukan perkara mudah. Ada pertimbangan biaya, waktu, juga tolak ukur lain yang tidak serta merta dikesampingkan begitu saja.

Plus minus lanjut kuliah

Tapi bukan berarti tidak ada plusnya. Memilih kuliah tetap menjadi opsi yang tepat ketika memang segala sesuatunya mendukung. Apa saja? Seperti ada dana untuk kuliah yang tersedia, ada penawaran beasiswa yang menarik, ada waktu luang yang benar-benar kosong, ada keluarga yang sudah merdeka finansialnya, ada minat belajar mendalami materi yang tidak bisa dibendung lagi, dan masih banyak lagi. Termasuk kebutuhan kuliah untuk mengejar karier yang diincar. Lagipula dengan kuliah lagi, kesempatan mencari kerja bakal lebih luas. Sama halnya dapat membangun jejaring lebih besar lagi.

Tapi siap-siap juga minusnya. Antara lain, tertunda waktu untuk membangun karier dan menghasilkan uang, mendulang pengalaman, atau nyatanya salah pilih jurusan yang belum tentu nantinya menjamin posisi di dunia kerja.

Untung rugi cari kerja

Beda lagi dengan bila langsung mencari kerja atau membuka usaha. Langkah pertama untuk benar-benar mandiri sudah dimulai. Walau pandemi bakal membuat langkah terseok-seok, setidaknya lulusan kampus sudah mencoba. Di samping mencari kerja atau bahkan membuka usaha, dari sudut pandang tertentu, dapat disebut bentuk adaptasi yang paling tepat. Karena tidak menggantungkan diri dan menunggu situasi lebih baik. Tapi berani mengawali dan merintis dari sekarang. Walau kerja dan usaha tidak berhubungan dengan jurusan kuliah, walau posisi tidak langsung seindah bayangan.

Baca juga: Jalan Lain Ketika Tidak Kuliah

Ruginya, dengan tidak melanjutkan kuliah, sangat mungkin posisi mentok di situ-situ saja. Jaringan tidak berkembang, dan semakin bertambahnya usia menjadi hambatan bila mau kuliah lagi. Akibatnya wawasan untuk meningkatkan kemajuan usaha juga terbatas.

Bila keduanya

Sedangkan opsi terakhir adalah menggabungkan keduanya. Dengan pertimbangan, ada teknologi yang siap mendukung. Dalam satu waktu yang hampir bersamaan, antara kuliah dan kerja bisa dikerjakan bersama-sama. Tinggal membuat perencanaan manajemen waktu, ketersediaan dana, dan dukungan dari orang-orang terdekat.

Baca juga: Bila Ditawari Kerja Tapi Tak Sesuai Jurusan Kuliah

Sayangnya pikiran harus terpecah dua. Fokus yang mestinya optimal, salah-salah bila berkurang drastis. Atau malah keteteran di semua urusan. Terlebih pandemi juga menciptakan situasi negatif bernama tekanan mental. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments