07-2

Daftar Uang Kripto Yang Sedang Populer

Minat terhadap uang kripto tampaknya terus bertumbuh. Bahkan ada yang sedang memegang kategori populer lantaran banyak dicari. Masing-masing punya sifat yang tersendiri. Apa saja daftarnya?

Tapi sebelumnya perlu diketahui, saat ini setidaknya ada 10.000 jenis uang kripto yang diperdagangkan. Dari jumlah tersebut, hanya 229 jenis yang sudah terdaftar dan dipantau oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Sementara itu berdasar catatan Kementerian Perdagangan, sampai akhir Mei 2021 jumlah pengguna uang kripto naik 50% dari kurang lebih 4 juta pada 2020 menjadi 6,5%. Nilai aset transaksi uang kripto di lima bulan pertama 2021 mencapai Rp 370 triliun. Dibanding jumlah transaksi pada 2020 yang hanya mencapai Rp 65 triliun.

Baca juga: Keuntungan Investasi Mata Uang Asing

Jumlah jumbo tersebut diprediksi bakal menggeser popularitas pasar saham. Sayangnya hingga kini belum ada regulasi yang tetap untuk memproteksi kepentingan pemilik uang kripto maupun seluk beluknya. Jadi, ada baiknya sebelum membeli atau menggunakan mata uang digital ini lebih hati-hati.

Bitcoin

Daftar uang kripto yang sekarang sedang populer salah satunya dipegang oleh Bitcoin. Tidak aneh, sebab disebut-sebut sebagai pelopor jenis mata uang baru di dunia maya. Kemunculannya langsung mengundang banyak minat untuk bergabung.

Kapitalisasi atau valuta pasarnya sekarang menduduki paling besar sedunia. Total hingga 671,78 miliar dollar AS, atau jika ditukar rupiah mencapai Rp 9.673,73 triliun. Pada April lalu, harga per kepingnya pernah menyentuh harga tertinggi, yakni 64.000 dollar. Tapi kini sudah anjlok di kisaran 35.000 dollar per keping. Secara keseluruhan, jumlah yang pernah diperdagangkan sebanyak 18,73 juta keping.

Baca juga: Pahami Seluk Beluk Bitcoin Agar Tak Merugi

Ethereum

Peringkat populer kedua diduduki oleh uang kripto bernama Ethereum. Pada dasarnya ini adalah perangkat lunak yang berbasis blockchain yang bisa diakses bebas. Kapitalisasi pasarnya bernilai 261,58 milliar dollar AS. Dan untuk nilai per kepingnya kini sekitar 2.200 dollar AS. Meski demikian, Ethereum dinilai lebih unggul dibanding Bitcoin. Karena jumlahnya tidak dibatasi dan dapat digunakan pada berbagai aplikasi.

Tether

Berikutnya bernama Tether. Uang kripto ini punya harga yang lebih stabil dibanding yang lain. Alasannya sejak awal harga dipatok dengan dollar AS. Kerap pula disebut dengan stable coin.  Harga per keping tertinggi pernah ada di 1,32 dollar AS. Dengan total valuasi pasar mencapai 62,89 milliar dollar AS.

Baca juga: Pilihan Investasi Tak Terduga

Binance Coin

Binance Coin berasal dari Binance Exchange. Sebuah platform perdagangan aset kripto. Binance Coin sendiri diciptakan untuk membayar transaksi di platform tersebut. Artinya uang kripto ini hanya bisa digunakan dengan mata uang kripto lainnya. Sekarang total valuasi pasar yang sudah dicapai sebesar 52,69 milliar dollar AS.

Cardano

Terpopuler kelima dipegang oleh Cardano. Pada Mei lalu sempat mencapai harga tertinggi, di kisaran 24,5 dollar AS. Sementara harga umumnya ada di 1,43 dollar AS. adapun jumlah kapitalisasi yang sudah dapat dicetak mencapai 45,82 milliar dollar AS. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels, Freepik

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments