30-2

Intip Usaha Bermodal Ringan

Banyak perubahan terjadi seiring datangnya pandemi. Banyak pula yang harus kehilangan sebagian pemasukan, bahkan pekerjaan. Karenanya kini tidak dapat lagi hanya sekadar menunggu. Harus bergerak dan memulai inisiatif, seperti memulai bisnis dengan modal yang ringan.

Sebagai langkah untuk bertahan dari segala ketidakpastian. Apalagi tidak ada jaminan pasti pandemi akan segera berakhir. Berupaya dengan optimal segala sumber daya yang dipunya atau yang tersisa. Misalnya selisih gaji yang bisa ditabung atau hasil dari pesangon. Kehilangan pekerjaan tentunya tidak boleh mematikan pemasukan, sebab ada kebutuhan diri sendiri maupun keluarga yang harus tetap dipenuhi.

Baca juga: Bisnis Kuliner Yang Bakal Terus Bersinar

Jadi lihat kembali semua kesempatan yang ada di depan mata. Apa saja yang dapat dicoba dengan segera dengan modal yang ada. Terlebih modal yang dipegang sekarang terhitung kecil tapi tetap menjanjikan hasil yang signifikan.

Jualan online

Contohnya jualan online. Memanfaatkan teknologi yang terbukti tidak banyak membutuhkan banyak ruang fisik dan modal. Juga bisa dilakukan dari mana saja. Terlebih dalam berjualan daring, ada banyak posisi yang bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Jadi agen, reseller, atau drophispper. Tanpa perlu mengeluarkan uang besar, transaksi dengan pembeli tetap dapat dilakukan. Untung pun segera digenggam.

Agen frozen food

Selain itu dapat menjadi agen frozen food. Jenis makanan yang kabarnya sekarang sedang digandrungi. Mengingat daya tahannya yang lama dan enak rasanya. Cocok disimpan di tengah anjuran untuk tidak keluar rumah. Potensi laku amat besar, jadi minim risiko rugi. Anda dapat menjualnya secara daring dengan memilih posisi tadi, atau langsung lewat aplikasi transportasi.

Baca juga: Lebih Enak Jadi Supplier, Distributor, Reseller, Atau Dropshipper?

Agen pulsa

Atau menjadi agen pulsa. Barang yang sepertinya bakal laris manis terus. Dibutuhkan oleh berbagai kalangan, sehubungan dengan perubahan gaya komunikasi. Terkait urusan pekerjaan, sekolah anak, belanja daring, interaksi dengan sesama, dan kebutuhan lainnya. Tinggal tawarkan dengan harga bersaing, pastinya pulsa Anda akan terus dicari.

Makanan kekinian

Atau menjajal opsi berjualan makanan kekinian. Tepatnya, menu makanan atau minuman yang sedang nge-tren. Jika terkendala oleh sewa tempat jualan yang mahal, jajakan saja secara online. Pasti akan tetap mendapat atensi dari konsumen untuk mencoba. Tinggal mengkreasikan menu supaya punya ciri khas beda dengan penjual yang lain.

Makelar barang sekon

Modal ringan lain tak hanya untuk berdagang barang. Namun juga bisa untuk mengawali membuka usaha jasa. Contohnya makelar barang sekon atau bekas. Infokan saja di media sosial tentang barang-barang yang siap ditampung berikut syarat-syaratnya agar tetap layak dijual. Buat foto semenarik mungkin, unggah ke laman, lalu tunggu siapa yang berminat. Baru kemudian bagi untung dengan yang menitip barang.

Baca juga: Ikatan Tak Tertulis Seputar Jasa Titip

Jasa titip

Juga menawarkan jasa sebagai pembeli. Alias jasa titip. Membelikan barang-barang yang dibutuhkan kemudian mengirimkan pada pemesan. Tidak butuh modal besar, terkecuali ongkos transportasi menuju lokasi. Jika tidak ingin merugi, seperti mendadak pesanan dibatalkan padahal barang sudah terlanjur dibeli, minta sebagian muka muka. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments