06-2

Cara Aman Nonton di Bioskop Selama Pandemi

Beberapa bioskop sudah mulai buka kembali. Film-film seru pun sudah menunggu. Tapi pastinya untuk menonton tak bisa seperti dulu. Harus menyesuaikan dengan kondisi pandemi yang sekarang masih berlangsung.

Di samping sudah ada aturan khusus yang mesti dipatuhi oleh pihak bioskop sendiri. Yakni daya tampung penonton hanya 25 persen saja. Mengingat berbagai pertimbangan seperti kondisi ruangan yang tertutup dan sumber udara yang terpusat dari AC. Bila tak diindahkan, bioskop dapat berubah jadi sumber penularan massal.

Baca juga: Prediksi Tempat-Tempat Yang Bakal Banyak Diminati Usai Pandemi Mereda

Selain itu dari diri sendiri, pastikan fisik sehat optimal. Minimal tidak sedang mengalami demam, pilek, dan batuk. Lalu perhatikan pula nonton sendiri atau dengan teman. Apalagi saat beramai-ramai. Pastikan Anda mengetahui riwayat kesehatan teranyar mereka. Jangan sampai kecolongan yang mana lantas memicu munculnya klaster bioskop.

Beli tiket online

Minimalisir interaksi fisik dengan membeli tiket secara online. Jadi ketika sampai di lokasi Anda hanya perlu mencocokkan barcode di layar ponsel pada alat yang telah tersedia. Tidak perlu berhadap-hadapan dengan petugas atau saling bergantian menyentuh kartu pembayaran ataupun uang tunai.

Lagipula, dengan membeli tiket daring, Anda dapat memastikan ketersediaan kursi, memilih film dengan leluasa, dan pertimbangan lain yang membutuhkan waktu berpikir dengan tenang. Tanpa harus khawatir ada antrian di belakang seperti membeli tiket langsung di tempat.

Plus yang tidak boleh luput, aturan tertulis batasan umur penonton. Hanya menerima kunjungan usia di rentang 12 sampai 60 tahun saja.

Baca juga: Bahaya Mengintai Saat Anak Menonton Tak Sesuai Usia

Ikuti tes jika tersedia

Nah, keuntungan lain dari membeli online juga mengetahui informasi-informasi penting. Seperti keharusan mengikuti tes jika tersedia. Sebab belum semua cabang menyediakan layanan pemeriksaan. Seperti tes Genose yang praktis dan hasilnya cepat keluar. Jadi Anda bisa memperkirakan waktu agar tidak sampai terlambat menonton.

Minimal 3M

Pastinya Anda minimal harus menerapkan 3M. Memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Terutama saat berada dalam ruang teater. Antara penonton yang satu dan yang lain tak lagi bisa duduk bersampingan. Semuanya punya jarak dua kursi atau lebih untuk meminimalisir paparan. Atau untuk mudahnya, duduk sesuai dengan nomor kursi yang tertera di tiket. Dan jangan sekali-kali menempati kursi yang telah bertanda garis silang besar.

Tidak makan dan minum

Idealnya menonton memang lebih enak dibarengi dengan kudapan dan minuman ringan. Namun demi kesehatan diri sendiri, sebaiknya hindari. Sebab makan dan minum sedikit banyak membuat diri membuka masker. Alhasil, udara bioskop yang kurang ventilasi rawan menjadi jalan penularan.

Tidak berbicara

Juga tidak berbicara. Pada teman yang barengan nonton atau orang lain di telepon, misalnya. Walau masker masih tetap terpasang erat. Berbicara atau tertawa juga dinilai berpotensi mendekatkan virus pada tubuh.

Baca juga: Yang Dirindukan Dari Mall

Perhatikan durasi film

Seberapapun menariknya, ada baiknya tetap perhatikan berapa lama film akan diputar. Karena semakin lama berada di ruang bioskop, semakin besar peluang untuk tertular. Apalagi jika jumlah penonton sudah mendekati ambang batas. Bila sekiranya merasa tak nyaman, segera keluar ruangan dan beralih ke udara yang lebih terbuka. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels, Freepik

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments