20-2

Tanda-Tanda Tubuh Perlu Detoksifikasi

Detoksifikasi atau detoks dikenal sebagai metode alami untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Namun kadang jadi pertanyaan, kapan sebenarnya tubuh perlu menjalani proses ini? Ya tidaknya dapat dilihat dari beberapa tanda.

Ketika tubuh sudah dipenuhi oleh racun, ia akan mengeluarkan semacam sinyal. Dalam satu sisi, tubuh mampu melakukan pengeluaran racun dengan sendirinya. Contoh saat tidur dan puasa. Namun ketika jumlah toksin sudah berlebih, maka dibutuhkan bantuan pemilik tubuh itu sendiri.

Caranya ada dua. Satu detoksifikasi penuh, di mana tubuh hanya mengonsumsi buah dan sayur selama beberapa hari. Kedua, detoksifikasi semi penuh, yakni masih menambah menu karbohidrat berupa beras merah saja dan dalam porsi terbatas. Dengan memperbaiki pola makan dan kebiasaan hidup yang sehat, maka racun juga lebih banyak yang terbuang.

Baca juga: Aneka Jamu Untuk Memuluskan Kulit

Muncul banyak jerawat

Bila muncul banyak jerawat, pertanda kulit sedang mengalami peradangan. Sel-sel kulit mati tidak lekas terganti dan jelas kekurangan vitamin serta mineral. Karenanya penting untuk segera memberikan asupan kedua zat tadi ke dalam tubuh.

Berat badan mudah naik tapi sulit turun

Jangan anggap enteng ketika berat badan mudah naik tapi sulit turun. Menandakan metabolisme pada tubuh terganggu. Terpicu oleh banyaknya konsumsi lemak yang tak terolah, menumpuk, kemudian meningkatkan massa tubuh dengan signifikan.

Menstruasi tidak teratur dan nyeri berlebihan

Detoks juga diperlukan saat mestruasi datang tidak teratur dan menimbulkan nyeri berlebihan. Hal ini karena gangguan hormonal akibat pola makan tidak sehat. Maka sangat disarankan bagi para perempuan untuk lebih banyak makan buah dan sayur rutin setiap harinya.

Baca juga: Ambang Batas Aman Minum Multivitamin

Bau badan

Dalam proses mengeluarkan racun, ada bau yang akan menyertai. Misalnya pada keringat, bau mulut, dan kentut. Jadi tinggal amati saja. Semakin menyengat bau yang mendarat pada indera penciuman, maka semakin banyak racun yang mengendap.

Susah buang air besar

Jika sering mengalami susah buang air besar atau sembelit, sudah waktunya detoksifikasi tak boleh ditunda. Sebab dalam tubuh banyak racun yang mengganggu sistem kerja pencernaan. Solusinya adalah dengan memperbanyak serat dan vitamin mineral guna mendorong kotoran lekas keluar.

Tidur tidak nyenyak

Ternyata sulit tidur dan susah tidur nyenyak juga pertanda. Lantaran tubuh hanya punya sedikit magnesium. Terganti oleh tumpukan racun yang merangsang otot serta syaraf mudah khawatir, cemas, dan depresi.

Mudah lelah

Waspadai jika sering lelah walau tidur sudah cukup waktu. Sangat mungkin terjadi dalam tubuh menumpuk gula berlebih, karbohidrat, dan lemak yang tidak segera terkelola menjadi energi. Jalan keluar yang bisa dilakukan ialah mengalihkan menu konsumsi yang lebih banyak mengandung vitamin dan mineral.

Baca juga: Bakteri Berbahaya Dalam Makanan Yang Harus Diwaspadai

Mood swing

Ada beberapa jenis racun, seperti yang bernama xenoestrogen, senyawa yang mudah ditemukan pada benda plastik mengandung BPA, di mana gampang sekali mengganggu hormon tubuh. Jika sampai masuk ke dalam tubuh dan mengendap, berbuah pada mood swing. Sadari dan kenali bila merasakan ini. Segera lakukan detoksifikasi agar efek samping lain tidak turut menghantui stamina dan emosi tubuh setiap saat. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments