05-2

Trik Merawat Alat Dapur Elektrik

Penggunaan listrik untuk alat-alat dapur sudah lama berlangsung. Jenisnya sendiri amat beragam. Namun perlu diingat untuk merawat dan membersihkannya perlu kehati-hatian. Mengingat ada unsur elektrik yang rentan menimbulkan berbagai bahaya.

Contohnya adalah posisi atau peletakan setiap hari. Sebisa mungkin alat dapur elektronik tidak berdekatan dengan aliran air, yang mana rawan memicu korsleting. Pun perlu memerhatikan dengan seksama kondisi kabel, colokan, maupun koneksi antar benda yang terhubung satu sama lain. Ada baiknya posisinya aman dan tak terjangkau oleh anak-anak, maupun binatang liar yang kerap mengganggu keutuhan dari benda-benda yang ditemuinya. Utamanya rangkaian kabel yang digemari oleh tikus.

Baca juga: Cermati Bahan Peranti Masak Agar Tak Merugi

Di samping itu, yang tak boleh luput dari perhatian adalah perawatan usai digunakan. Tak semua piranti yang dialiri alat listrik bisa dicuci layaknya alat dapur non elektrik. Mungkin hanya sebagian saja yang harus dipisahkan dulu dari badan utama dan kemudian dapat dicuci bebas. Sementara komponen yang lain mesti dalam kondisi tetap kering dan bersih setiap saat.

Rice cooker

Contohnya rice cooker. Penanak nasi yang rata-rata terhubung ke aliran listrik dari pagi hingga malam. Bagian luarnya yang memiliki koneksi langsung dengan sumber listrik hanya perlu dilap dan jangan sampai basah. Juga cukup keringkan bila ada uap, air, atau kotoran yang menempel pada sisi dalam. Sedangkan untuk wadah pemasak nasi, dapat dicuci seperti biasa. Akan tetapi hindari penggunaan alat-alat tajam untuk menggosok. Jangan sampai lapisan anti lengketnya terkelupas sebab berbahaya untuk kesehatan.

Blender

Untuk blender, food processor, juicer, atau sejenisnya, sebelum membersihkan, cabut dulu kabel listrik dengan colokan. Kemudian motor mesin hanya perlu dilap hingga bersih sempurna. Dan untuk pelebur makanan dapat dicuci tapi tetap hati-hati. Khususnya sisi-sisi yang dekat dengan putaran bergerigi. Gunakan sikat kecil dan halus untuk mengusir semua sisa-sisa makanan yang menempel.

Baca juga: Bahan Alat Masak Dan Pengaruhnya Bagi Kesehatan

Toaster

Tunggu sampai dingin untuk membersihkannya. Karena biasanya kabel tidak bisa dilepas dari badannya, toaster tidak bisa dibilas dengan air dan sabun. Pemanggang roti ini hanya dapat dilap menggunakan kain lembut sampai bersih kembali.

Microwave

Sama halnya dengan microwave yang sangat membutuhkan perlakuan khusus. Ingat, jangan meletakkan microwave di atas peralatan elektrik lain, seperti kulkas. Setelah digunakan cabut kabel listrik dan buka pintunya hingga suhu kembali dingin. Lap saja ke seluruh permukaan dan pastikan tidak ada noda atau kotoran yang tertinggal di bagian dalam. Sebab sangat berpengaruh nantinya pada makanan yang akan dihangatkan.

Kompor listrik

Trik perawatan juga berlaku bagi kompor listrik. Di antaranya jangan meletakkan alat yang masih basah di atas permukaan kompor, tidak menyeret-nyeret benda di atasnya, perhatikan batas berat maksimal yang bisa ditanggung, dan hindari penggunaan alat bantu yang kasar untuk membersihkan.

Baca juga: Cara Mudah Hapus Gosong dari Perabot Dapur

Dispenser

Awasi rangkaian kabelnya agar tak pernah bersentuhan dengan benda cair. Buang secara rutin sisa-sisa air yang tertinggal di bawah keran, bersihkan pintu utama air dari galon untuk masuk, pipa kecil penyalur air, dan bagian-bagian lainnya. Semakin bersih kondisi dispenser, semakin terjamin airnya untuk dikonsumsi. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels, Freepik

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

 

Comments

comments