12

Mitos Seputar Kesehatan Yang Tak Usah Dipercaya

Ada banyak sekali mitos seputar kesehatan di sekitar kita. Di mana sudah lama diyakini kebenarannya. Padahal dari sudut pandang medis, mitos ini tidak bisa dibuktikan dan dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Jadi coba teliti lagi. Jangan-jangan Anda dan orang-orang tersayang masih memegang teguh mitos yang tak benar ini.

Usus buntu karena makan biji-bijian

Usus buntu atau apendisitis adalah peradangan yang terjadi pada organ apendiks. Sampai saat ini, penyebabnya masih misteri. Namun diduga karena berbagai sumbatan. Misalnya tinja, tumor, cacing, penebalan otot usus, dan sebagainya. Jelasnya bukan dipicu makan biji-bijian, seperti biji cabe dan jambu yang kerap dianggap sebagai biang keladi.

Makan telur membuat bisulan

Salah besar jika menganggap telur sebagai penyebab bisulan. Bisul atau furunkel ialah infeksi folikel rambut yang dikarenakan bakteri Staphyloccocus aureus. Jadi, tak usah takut makan banyak telur asal tidak berlebihan.

Baca juga: Mitos Seputar Melahirkan Yang Tak Perlu Selalu Diikuti

Mengatasi luka bakar dengan pasta gigi

Mengoleskan pasta gigi pada bagian kulit yang terbakar hanya akan memperparah luka. Tidak seperti anggapan banyak orang selama ini. Andai Anda mengalami luka bakar, dinginkan dengan air bersih selama 15-20 menit.

Cegah anak kejang dengan air kopi

Masih banyak sekali orang tua yang memberikan air kopi pada anaknya yang menderita epilepsi. Faktanya, kopi tidak memiliki kemampuan menghilangkan atau menyembuhkan dari kejang. Justru sebaiknya anak tidak diberi kopi, lantaran menghalangi penyerapan nutrisi seperti zat besi pada tubuh.

Baca juga: Mitos Kehamilan Yang Merugikan

Mandi malam bikin reumatik

Tak benar pula menganggap bahwa mandi malam memicu reumatik. Sakit sendi ini masuk dalam penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan dan juga dipengaruhi faktor genetik.

Kista terjadi karena saat haid minum air dingin

Buang pikiran jauh-jauh minum air dingin saat haid dapat membentuk kista. Tidak ada hubungannya sama sekali. Kista pada kaum hawa umumnya terbentuk karena faktor hormonal.

Makan sebelum berenang membuat kram

Benar bahwa kram dapat terjadi saat berenang. Namun bukan disebabkan oleh aktivitas makan kemudian langsung berenang. Jika masih ragu, makan saja sebelum berenang agar punya energi yang cukup. Lalu tunggu sejenak hingga perut tidak terlalu kenyang, lakukan pemanasan, dan baru berenang dengan nyaman.

Makan wortel mempertajam penglihatan

Wortel memang punya segudang gizi untuk kesehatan. Tapi salah jika menilainya mampu mempertajam penglihatan. Apalagi hanya makan dalam jumlah sangat sedikit.

Dan, perlu diketahui pula, makan wortel sebanyak apapun tidak akan langsung memberikan dampak instan pada mata.

Setiap orang pasti mengalami sakit cacar

Jika sampai detik ini Anda belum pernah mengalami cacar, tak usah khawatir. Tidak benar anggapan yang selama ini menyebut seseorang pasti pernah sakit cacar sekali seumur hidup. Sakit tidaknya sangat tergantung dari stamina, daya tahan, kebersihan lingkungan, gaya hidup, juga pernah proteksi dari imunisasi.

Baca juga: Bahaya Buruk Cacingan Pada Orang Dewasa

Cacingan hanya dialami anak-anak

Jaga selalu kebersihan di mana saja dan kapan saja. Pasalnya, cacingan tidak hanya dialami oleh anak-anak saja. Banyak orang dewasa juga mengalami karena sering tidak memakai alas kaki, konsumsi makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi telur cacing, dan sebagainya. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments