herstorycoid

Menyeruput Nikmatnya Minuman Khas Dari Banten

Kuliner khas Banten tak hanya mencakup tentang makanan. Tapi juga ada deretan minuman yang layak dicoba. Disajikan hangat atau dingin, sama enaknya.

Bahkan, menariknya, minuman yang berasal dari provinsi paling barat di ujung Pulau Jawa ini tak hanya punya ciri khas. Melainkan ada sekian manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh. Rasanya segar alami dan menyehatkan.

Baca juga: Kuliner Khas Dari Tangerang Raya

Maka tak mengherankan bila terus lestari. Walau kadang hanya bisa ditemui di beberapa titik dan musim-musim tertentu, banyak pemburu kuliner Banten tak ingin melewatkannya.

Jika Anda ingin mencoba tapi belum menemukan penjual, jangan khawatir. Membuat sendiri di rumah bukan perkara susah. Bahannya mudah didapat dan cara mengolahnya pun cukup sederhana. Siapa tahu Anda ingin menyajikan sebagai suguhan bagi tamu dari luar kota.

Sirup rosella

 

Foto: okezone.com

Salah satunya adalah sirup rosella. Biasanya dijual dalam kemasan botol kaca. Bahan dasarnya berasal dari kuntum bunga rosella. Diramu bersama gula, garam secukupnya, dan air untuk dipanaskan bersama.

Setelah disaring dan mendapat cairan yang kental, ampas bunga dibuang. Jadilah sirup merah yang segar. Untuk membuatnya sebagai minuman, ambil cairan sirup seperlunya dan campur dengan air serta es batu jika ingin.

Manfaatnya banyak sekali. Karena mengandung berbagai vitamin penting, terutama vitamin C, vitamin B3 (niasin), dan vitamin B9 (folat). Ditambah kaya akan zat besi, magnesium, kalsium, seng, natrium, fosfor, dan kalium.

Baca juga: Buah Khas Berbagai Daerah

Es kuwut

Foto: okemom.com

Berikutnya memiliki nama unik, yaitu es kuwut. Terdiri dari serutan tipis daging kelapa muda, dan airnya, buah melon, ada juga yang menambahkan alpukat atau jenis buah lain. Ciri utamanya terletak dari adanya biji selasih dan perasan jeruk nipis.

Hasilnya, segar dan membuat ketagihan. Apalagi bila diseruput saat siang hari yang terik, untuk berbuka puasa, atau sengaja sebagai penutup hidangan. Dijamin dahaga yang begitu menyiksa akan langsung sirna.

Juga dari es kuwut, tubuh dapat memanen vitamin C, membantu proses pembakaran kalori, antioksidan, dan detoksifikasi. Sesuai untuk Anda yang sedang diet, tapi tetap ingin menyantap minuman yang enak.

Es sekemu

Foto: keluyuran.com

Kemudian ada es sekemu. Bahan-bahannya juga menggunakan air kelapa, daging kelapa muda, dan biji selasih. Pembedanya ada irisan buah sawo dan beberapa lembar daun pandan. Fungsinya untuk mendapatkan warna hijau pada kuah es. Sehingga lebih ciamik dilihat dan menambah rasa tersendiri. Dilihat dari bahan-bahan asalnya, es sekemu sangat penting untuk meningkatkan energi, menangkal virus berbahaya, juga baik untuk kesehatan gigi dan mata.

Baca juga: Menikmati Kuliner Khas Cirebon Di Bintaro

Bir pletok

Foto: idntimes.com

Minuman khas lainnya bernama bir pletok. Sudah cukup tenar, sangat mudah ditemukan, dan punya riwayat panjang. Konon tadinya dibuat untuk menyerupai minuman bir yang biasa dikonsumsi serdadu kolonial.

Pembuat awal meracik rempah-rempah, seperti jahe, biji pala, lada, kayu manis, sereh, kapulaga, daun jeruk, daun pandan, dan sebagainya. Tak disangka, paduan berbagai rempah-rempah ini menghasilkan buih seperti bir. (LAF)

 

Foto ilustrasi: herstory.co.id

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments