09

Mengisi Waktu Kosong Anak Di Rumah Sambil Melatih Kesabarannya

Anjuran untuk tetap di rumah saja masih berlaku. Sayangnya, meski banyak waktu yang kosong, kerap berimbas pada ketidaksabaran anak untuk keluar atau kembali bersekolah. Karenanya, sangat penting membantu mereka mengisi waktu sekaligus menumbuhkan rasa sabar. 

Bentuknya ada banyak sekali. Sangat sederhana untuk dipraktekkan bersama orang tua maupun saudara kandung. Tapi sebelumnya, orang tua harus memilih bentuk yang sehat. Dengan kata lain, tidak mengarahkan anak pada cara-cara instan. Seperti mengakses gawai dalam waktu lama dan mengkonsumsi makanan yang tergolong junkfood. Hanya sekadar untuk membuat anak diam.

Baca juga: Membuat Anak Tantrum Jadi Manis Kembali

Di samping itu, orang tua juga perlu menyiapkan kesabaran dari dalam diri sendiri seluas mungkin. Sebab meski melatih anak bentuknya sederhana, mengawali dan tetap konsisten menjalani bukan perkara gampang. Dari menentukan kapan dimulai, memulai obrolan, mengajaknya terjun langsung, dan terus berkelanjutan.

Memasak jajan favorit

Manfaatkan keinginan saat ingin jajan favoritnya. Agar tidak terbiasa langsung membeli, ajak saja anak untuk memasak bersama. Tentu butuh proses yang lebih lama juga kehadiran orang tua untuk membantu. Tapi ketika memasak, anak belajar banyak hal. Meracik, menemukan komposisi yang pas, menunggu sampai matang, hingga makanan pun siap disantap. Selain anak juga terlatih memakan makanan produksi rumah sendiri yang pastinya lebih sehat dan higienis.

Menanam tanaman

Bukan hanya mengikuti tren saat ini. Menanam tanaman sangat efektif melatih kesabaran di rumah. Awali dengan membiarkan anak memilih tanaman yang dia suka. Kemudian ke tahap berikutnya, yakni menyiapkan pot, jenis tanah, pupuk, sampai lokasi. Jika anak ingin mendapat hasil terbaik dari tanamannya, maka mereka harus merawat secara rutin.

Baca juga: Tanaman Yang Bisa Cepat Panen Di Rumah

Menyusun puzzle

Dalam menyusun puzzle, ada banyak sekali manfaat yang bisa dipetik. Apalagi bila dikerjakan bersama-sama.

Ada keseruan, kerjasama, kehangatan, melatih ketelitian, dan yang tidak ketinggalan melatih kesabaran itu sendiri.

Tidak sendiri, melainkan bersama orang tua, anak merasa tidak berjuang sendiri untuk suatu sikap yang memulainya cukup berat. Perlahan, saat puzzle sudah tersusun, ada buah kepuasan dari hasil kesabarannya.

Antre

Biasakan anak untuk selalu antre dalam banyak hal. Walau sekarang tetap di rumah saja dan berlaku untuk ditujukan pada semua orang. Antre menggunakan kamar mandi, cuci tangan di wastafel, giliran mengambil lauk di meja makan, atau menunggu melihat tayangan di televisi.

Menabung

Biasanya selain minta jajan, anak juga sering meminta barang-barang lain. Contohnya paling sering adalah mainan. Lakukan trik menumbuhkan kesabaran lewat menabung. Mengumpulkan uang sedikit demi sedikit hingga akhirnya mencukupi untuk membeli. Atau meminta anak menunggu sampai hari spesial tiba. Di hari ulang tahunnya, akhir pekan, atau opsi lain.

Baca juga: Bijak Sisihkan Dana Membeli Mainan Anak

The silent game

Cara lain yang tak kalah sederhana tapi bisa membantu anak bersabar ialah the silent game. Bermain diam tanpa mengeluarkan sepatah kata pun. Orang tua dapat pula menambahkan tanpa gerak sama sekali. Siapa yang bertahan paling lama akan menjadi pemenang. Membuat ketagihan, karena metode pelatihan yang dikemas dalam permainan. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Freepik

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments