07

Mengapa Kerjasama Antar Orang Tua Di Era Belajar Online Tetap Dibutuhkan?

Belajar dari rumah telah mengurangi intensitas pertemuan antara orang tua. Tapi bukan berarti pertemanan mesti ikut terhenti. Justru di era online learning ini, kerja sama antar orang tua sangat diperlukan.

Karena walau tak bisa bertatap muka langsung, masih ada segudang aplikasi canggih yang siap memfasilitasi. Tak terbatas waktu dan tempat. Di mana saja dan kapan saja seharusnya interaksi antar orang tua bisa terus berjalan. Dari membicarakan hal-hal yang receh, sampai yang sifatnya lebih serius.

Baca juga: Seberapa Perlu Berteman Dengan Sesama Orang tua?

Khususnya terkait belajar online ini. Sedikit banyak orang tua menjadi penentu kelancaran belajar anak di rumah. Hampir setiap hari menjadi guru tunggal yang harus menyisakan sekian waktunya mendampingi anak belajar. Kadang berjalan lancar, kadang ada yang terlewatkan. Belum lagi berbagai emosi saling berkecamuk dan kesibukan lain yang sudah menanti.

Maka dari itu, kerja sama orang tua sangat diperlukan. Dalam berbagai bentuk yang bertujuan bagi para orang tua itu sendiri, maupun demi semua pihak yang terlibat dalam belajar daring yang berlaku saat ini.

Saling mengingatkan

Salah satu bentuk kerja sama yang dibutuhkan adalah saling mengingatkan. Contohnya informasi yang berubah mendadak dari jadwal rutin setiap hari, waktu pengumpulan tugas anak-anak yang sudah mendekati batas akhir, atau memberitakan kabar terbaru dalam rangka suka dan duka.

Sebab tak semua orang tua berada dalam kondisi ideal. Ada yang tidak bekerja namun perlu menangani anak lebih dari satu. Hingga mungkin ada info yang suka tertinggal. Juga ada orang tua yang walau tetap di rumah masih harus menyelesaikan kepentingan kantor. Belajar online anak pun jadi urusan kesekian.

Setidaknya dengan saling mengingatkan, di antara orang tua terbentuk kekuatan sosial.

Saling mendukung dan melengkapi ketika satu sama lain memiliki kekurangan.

Mencegah efek-efek negatif

Selain itu, kerjasama untuk mencegah efek-efek negatif yang muncul. Seiring intensitas penggunaan gawai yang meningkat drastis. Seperti bersama-sama mencegah cyber bullying, menyebarkan info guna menghindari predator online, dan teknik mengunci aplikasi dari serbuan pornografi.

Baca juga: Menengahi Perselisihan Antara Orang Tua Dan Guru

Teman curhat

Dan menjadi teman curhat. Memanfaatkan jalinan pertemanan sebagai wadah yang sehat. Menumpahkan segala rasa selama menjadi guru di rumah, juga tentang hal-hal lain yang berpengaruh signifikan dalam proses belajar anak. Mungkin tak semua bisa memberi solusi. Namun dengan bercerita, orang tua yang punya masalah jadi lebih terbantu dan bersemangat lagi.

Positif bagi sekolah

Kerja sama orang tua yang solid sangat dibutuhkan dalam bentuk dukungan pada sekolah dan guru. Terutama mendukung kebijakan yang diperlukan bagi kelancaran proses belajar online. Mengingat orang tua punya andil besar di rumah. Jika harapan sekolah mendapat antipati, maka tak terbayangkan bagaimana susahnya guru mentransfer ilmu pada anak didiknya.

Baca juga: Berteman Dengan Orang Tua Teman Sekelas Anak

Bersatu menciptakan kultur belajar

Sama halnya, sangat penting saat ini kerja sama para orang tua menciptakan kultur belajar di rumah. Menumbuhkan kesadaran anak punya disiplin positif, mandiri, lebih mengeksplor materi, pembentukan karakter, dan sebagainya. Apalagi jika bukan ditujukan untuk membentuk generasi andal yang berasal dari pembelajaran di rumah. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments