06

Indonesia 2021 Dari Kacamata Ramalan

Percaya pada ramalan kadang memang terasa konyol. Karena tidak bisa dijadikan tolak ukur kepastian. Tapi tak ada salahnya menggunakan ramalan untuk sekadar jaga-jaga saja. Termasuk untuk melihat kondisi Indonesia di 2021 ini.

Banyak pakar dalam dunia peramalan sudah memberikan pandangannya terkait Indonesia sebelum akhir tahun lalu. Di antaranya ada yang menggunakan kartu tarot, almanak Tionghoa di mana tahun 2021 bertepatan dengan tahun Kerbau Logam, juga memakai vision dari penerawangan indera keenam. Masing-masing membeberkan hasilnya yang bernuansa ngeri-ngeri sedap.

Baca juga: Waspadai Ini Setelah Perayaan Tahun Baru

Tak aneh, mengingat tahun 2020 lalu, hampir setahun dunia diserang oleh Covid-19. Sementara ketika tahun baru datang, pandemi juga tak kunjung usai. Tentu banyak harapan baru, khususnya pada Indonesia. Kesehatan aman, krisis segera berakhir, ekonomi membaik, rejeki lancar, anak-anak dapat masuk sekolah kembali, serta masih banyak lagi.

Jadi, mungkin dengan mengintip sedikit saja penerawangan pada Indonesia 2021 dapat dijadikan bahan pembelajaran. Mengambil langkah proteksi agar situasi terburuk bisa dihindari, sekaligus tetap mawas diri guna mencapai target seperti yang sudah diharapkan.

Ekonomi nasional

Kabar baiknya, dari pandangan beberapa peramal, ekonomi nasional akan membaik. Diduga awal April aktivitas ekonomi mulai bangkit dan menggeliat lagi. Lebih menjanjikan dalam pemasukan dan intinya lebih baik dari tahun kemarin. Hal ini juga berlaku untuk perdagangan tanah serta properti. Terlihat pula orang mulai ramai-ramai membeli emas dan dapat menabung lagi.

Meski kondisi ekonomi tak bisa dikatakan pulih seperti sediakala, ada baiknya dari pandangan ramalan tadi, kita jadikan masukan supaya tidak terseok-seok lagi.

Baca juga: Prediksi Perubahan Kehidupan Sosial Usai Pandemi

Dunia politik

Dunia politik juga tak ketinggalan diterawang. Di sini para peramal banyak yang berbeda pandangan. Ada yang mengatakan dunia politik Indonesia cukup stabil dan mampu mengatasi pandemi. Tapi ada pula yang beropini bakal diwarnai huru hara beserta penurunan tokoh-tokoh pemimpin. Apapun itu, sebaiknya kita semua tetap waspada dan menjaga bersama kehidupan berbangsa.

Gejolak sosial

Namun sayangnya, dari sisi sosial bakal ada gesekan-gesekan yang tak terhindarkan. Barangkali pandangan ini cukup relevan. Mengingat ekonomi yang tak kunjung membaik, pemutusan hubungan kerja di mana-mana, simpang siur mengenai vaksin sebagai peniada Covid-19, juga banyaknya pemicu yang tak terkendali.

Cukup mengkhawatirkan, pasalnya disebutkan angka kriminalitas meningkat, mendapat uang dengan cara instan, saling serang, dan sejenisnya. Karenanya, walau pandemi dan jaga jarak fisik masih berlaku, tetap kencangkan hidup silaturahmi. Saling membantu dan peduli pada sesama agar gesekan sosial tak perlu terjadi.

Bencana alam

Tahun 2021 bencana alam banyak terjadi. Gunung meletus, gempa bumi, tsunami, banjir, tanah longsor, juga angin puting beliung. Bukan fenomena baru, sebab Indonesia memang berada dalam medan ring of fire.

Baca juga: Persiapan Utama Tinggal Di Daerah Rawan Bencana

Angka kelahiran

Di tahun ini angka kelahiran anak naik pesat. Bahkan mungkin mengarah ke baby booming. Hasil ramalan yang cukup menggelikan tapi tak aneh. Sebab salah satu imbas dari anjuran tetap di rumah saja adalah kehamilan yang terjadi dalam jumlah massal serta berbarengan. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

 

Comments

comments