29

Waspada, Ini Penyebab Gigi Cepat Ompong

Salah besar jika menilai penyebab gigi cepat ompong hanya karena faktor usia atau salah makan. Masih ada beberapa penyebab lainnya mengapa gigi mudah tanggal. Ketahui dan hindari agar tak merugi.

Idealnya, orang dewasa memiliki 32 gigi permanen. Berbeda dengan anak-anak yang mengalami pasang surut jumlah gigi. Mengingat masih dalam fase gigi susu. Seiring bertambahnya usia, gigi akan mengalami banyak masalah. Membuatnya mudah goyah dan lantas copot. Apalagi jika dibarengi dengan kebiasaan hidup tidak sehat. Seperti konsumsi gula berlebih, tidak rutin sikat gigi setelah makan dan sebelum tidur, juga kebiasaan buruk lainnya.

Baca juga: Cegah Gigi Tanggal Sebelum Tua

Punya gigi ompong juga tidak bisa dibiarkan. Bukan hanya mengganggu penampilan (estetika) semata. Namun berpengaruh pula pada proses pencernaan makanan dan kesulitan bicara. Namun sekali lagi, umur tidak bisa menjadi patokan awet tidaknya gigi seseorang. Tergantung bagaimana cara menjaga supaya mampu bertahan lama.

Karenanya sangat dianjurkan sejak dini mengajarkan kebiasaan baik menjaga gigi setiap hari. Serta rutin berkonsultasi dengan dokter gigi. Tentu saja saat masa pandemi perlu protokol kesehatan ketat saat ke dokter gigi.

Penyakit gusi

Penyakit gusi disebut-sebut sebagai penyebab mayoritas gigi mudah copot. Penyakit gusi sendiri muncul dari kebersihan gigi dan mulut yang tidak terjaga. Merangsang berbagai kuman tumbuh subur pada gusi. Kemudian diiringi radang dan pendarahan, terutama saat disikat.

Gusi yang mengalami masalah membuat gigi kehilangan jaringan sebagai penyokongnya. Mirip dengan akar tanaman yang terlepas dari tanahnya berpijak. Gigi kehilangan tempat tinggal, lalu meluncur bebas.

Kejadian trauma

Penyebab lainnya adalah kejadian yang menimbulkan trauma pada gigi. Misalnya tindakan fisik yang menghasilkan dampak terlalu keras dan langsung terasa. Benturan keras dari kecelakaan, kena benda tumpul, hasil dari pukulan pada area wajah, maupun sejenisnya. Maka dari itu, hati-hati saat beraktivitas atau berolahraga. Berikan proteksi pada diri supaya gigi ikut terlindungi.

Baca juga: Merawat Kawat Gigi Sendiri Saat Pandemi

Penggunaan alat ortodontik yang tidak tepat

Alat ortodontik yang dimaksud di sini ialah kawat gigi. Khususnya yang dipasang oleh orang bukan dalam kapasitasnya. Posisi kawat tidak pas, bahannya tak terjamin, terjadi penarikan pada gigi secara berlebihan, berakumulasi menjadi penyebab gigi gampang lepas.

Kenali dari gejala gigi mulai goyang. Segera pergi ke dokter gigi untuk mendapat perawatan lebih lanjut demi menyelamatkan gigi dari usia pensiunnya.

Penyakit sistemik

Gigi cepat ompong juga terjadi sehubungan dengan adanya penyakit sistemik dalam tubuh. Umumnya dipengaruhi oleh sakit jantung dan diabetes. Sayangnya efek penyakit tersebut tidak bisa dicegah. Tapi sekalipun demikian, bila ini terjadi pada Anda, tetap konsultasi dengan dokter gigi agar tidak banyak gigi yang copot.

Baca juga: Masalah Kesehatan Yang Ditandai Oleh Sakit Gigi

Kebiasaan menggemeretakkan gigi

Terpicu pula oleh ulah sepele, yakni kebiasaan menggemeretakkan gigi. Dikenal juga dengan istilah bruxism. Kebiasaan yang terus terjadi saat seseorang tidak sadar melakukannya dan berhubungan dengan ekspresi kecemasan. Dalam beberapa contoh kasus parah, kebiasaan ini mudah sekali menggoyahkan gigi dan perlahan  membuat mulut ompong. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels, Freepik

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments